UE Kembali Desak Iran Patuhi Kesepakatan Nuklir

Selasa, 16 Juli 2019 - 22:01 WIB
UE Kembali Desak Iran...
UE Kembali Desak Iran Patuhi Kesepakatan Nuklir
A A A
BRUSSELS - Menteri Luar Negeri Uni Eropa (UE), Frederica Mogherini mendesak Iran untuk kembali sepenuhnya mematuhi kesepakatan nuklir 2015. Desakan ini datang disaat Iran perlahan-lahan untuk mengurangi komitmenya terhadap kesepakatan tersebut.

"Kami meminta Iran untuk membalik (langkah-langkah) mereka dan kembali mematuhi secara penuh kesepakatan. Saya ingin menegaskan tentang itu, kami ingin melihat Iran kembali ke kepatuhan penuh seperti yang terjadi pada tahun-tahun ini," kata Mogherini, seperti dilansir Anadolu Agency pada Selasa (16/7).

Dia mengatakan kesepakatan itu mencegah Iran mengembangkan senjata nukli. "Kesepakatan itu sudah efektif dan saya pikir semua orang mengakui bahwa saat ini tidak ada alternatif untuk kesepakatan itu," ungkapnya.

Mogherini juga mengatakan penting untuk menjaga situasi tetap tenang di kawasan dan untuk menghindari peningkatan yang dapat membahayakan keamanan UE.

Terkait kesepakatan nuklir, sebelumnya Presiden Prancis, Emmanuel Macron mengatakan, dia berencana untuk melakukan komunikasi dengan Presiden Iran, Hassan Rouhani untuk membahas kesepakatan itu.

Macron, juga mengatakan dia juga akan melakukan komunikasi dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin dan Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump untuk membahas kesepakatan ini.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0629 seconds (0.1#10.140)