Biden Sebut NATO Hancur Jika Trump Kembali Terpilih

Jum'at, 28 Juni 2019 - 16:53 WIB
Biden Sebut NATO Hancur Jika Trump Kembali Terpilih
Biden Sebut NATO Hancur Jika Trump Kembali Terpilih
A A A
WASHINGTON - Mantan Wakil Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden mengatakan NATO akan hancur jika Donald Trump kembali terpilih menjadi Presiden AS. Hal itu disampaikan Biden dalam debat terbuka para calon Presiden AS dari Partai Demokrat.

Dalam debat tersebut, Biden mengatakan NATO adalah salah satu mitra penting bagi AS. Aliansi itu, papar Biden, akan hancur berantakan jika Trump memenangkan pemilu AS tahun depan.

“Kami tahu NATO akan berantakan jika dia (Trump) terpilih untuk masa jabatan kedua. NATO adalah aliansi tunggal yang paling penting dalam sejarah AS," kata Biden, seperti dilansir Sputnik pada Jumat (28/6).

Trump memang telah berulang kali mengkritik NATO, termasuk untuk distribusi kontribusi kepada organisasi di antara negara anggota. Trump telah menuntut agar semua anggota aliansi dengan cepat meningkatkan pembelanjaan pertahanan mereka menjadi 2% dari PDB.

Dirinya mengusulkan bahwa negara-negara anggota NATO tidak hanya memenuhi kewajiban ini, tetapi juga meningkatkan pengeluaran hingga 4% dari PDB mereka.

Terkait dengan bursa calon Presiden AS dari Demokrat, Biden saat ini masih menjadi unggulan. Namun, beberapa kandidat lainnya mempersempit keunggulannya berdasarkan jajak pendapat baru.

Menurut jajak pendapat Economist/YouGov, yang dilaksanakan antara 22 - 25 Juni yang melibatkan 1.500, Biden mendapatkan 24 persen pemilih Demokrat, jika pemilihan utama diadakan hari ini, Senator Elizabeth Warren berada di posisi kedua dengan 18 persen suara dan Senator Kamala Harris berada di peringkat ketiga.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6897 seconds (0.1#10.140)