Trump Dukung Boris Johnson Jadi PM Inggris

Sabtu, 01 Juni 2019 - 08:18 WIB
Trump Dukung Boris Johnson Jadi PM Inggris
Trump Dukung Boris Johnson Jadi PM Inggris
A A A
LONDON - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mendukung kampanye Boris Johnson untuk menjadi Perdana Menteri (PM) Inggris berikutnya. Ia juga mendesak semua kandidat berjanji meningkatkan perbelanjaan pertahanan.

"Saya pikir Boris (Johnson) akan melakukan pekerjaan yang sangat baik. Saya pikir dia akan sangat baik," Trump mengatakan kepada surat kabar Sun tentang mantan menteri luar negeri dan juru kampanye Brexit terkemuka itu, yang merupakan salah satu kandidat terdepan untuk menggantikan Theresa May sebagai kepala dewan partai konservatif seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (1/6/2019).

Trump tiba di Inggris pada hari Senin untuk kunjungan kenegaraan selama tiga hari atas undangan Ratu Elizabeth II sebelum menghadiri peringatan Perang Dunia Kedua di Prancis dan mengunjungi Irlandia.

Dia mengatakan kepada Sun bahwa anggota parlemen Konservatif lain telah meminta dukungannya - meskipun bukan menteri lingkungan Michael Gove, yang telah mengkritik sikapnya terhadap Iran.

Trump juga memuji janji Menteri Luar Negeri Jeremy Hunt untuk meningkatkan pengeluaran pertahanan Inggris.

"Yup. Menyukainya," kata Trump ketika ditanya tentang Hunt.

"Inggris harus dapat membela diri. Itu adalah tempat yang hebat dan sangat istimewa," katanya, mencatat bahwa pengeluaran pertahanan Inggris yang lebih tinggi dapat meningkatkan ekspor peralatan militer AS.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5782 seconds (0.1#10.140)