RI-AS Teken Kesepakatan Kerjasama Bidang Kesehatan

Rabu, 29 Mei 2019 - 21:13 WIB
RI-AS Teken Kesepakatan...
RI-AS Teken Kesepakatan Kerjasama Bidang Kesehatan
A A A
JENEWA - Indonesia dan Amerika Serikat (AS) dilaporkan telah menandatangani kerjasama bidang kesehatan. Kesepakatan itu diteken oleh Menteri Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan Amerika Serikat, Alex Azar, dan Menteri Kesehatan Indonesia, Nina Moeloek di sela-sela Majelis Kesehatan Dunia di Jenewa, Swiss.

Duta Besar AS untuk Indonesia, Joseph Donovan Jr mengatakan, kesepakatan kerjasama berdurasi lima tahun ini menunjukan betapa luasnya kerjasama yang bisa dicapai antara kedua negara.

“Kesepakatan kerja sama yang penting ini adalah contoh lain dari betapa luas dan dalamnya kemitraan selama 70 tahun antara Indonesia dan AS dalam menangani isu-isu regional dan global," kata Donovan, seperti dikutip dari siaran pers Kedutaan Besar AS di Jakarta yang diterima Sindonews pada Rabu (29/5).

Kesepakatan ini, menurut keterangan Kedutaan Besar AS akan mendorong kerja sama bilateral dalam delapan bidang utama, termasuk kesiapsiagaan darurat, pencegahan penyakit, serta penelitian dan pengembangan kesehatan.

Dengan kesepakatan ini, akan dibentuk pula Komite Kerja Sama Kesehatan, yang akan diketuai oleh Wakil Menteri Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan AS dan Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Indonesia.

Penandatanganan kesepakatan ini sendiri merupakan salah satu puncak perundingan cermat selama bertahun-tahun antara pemerintah Indonesia dan AS, dan semakin mempererat kemitraan kesehatan global yang kuat.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0838 seconds (0.1#10.140)