Kecam Dakwaan Terhadap Assange, Snowden: Perang Terhadap Jurnalisme!

Jum'at, 24 Mei 2019 - 06:29 WIB
Kecam Dakwaan Terhadap Assange, Snowden: Perang Terhadap Jurnalisme!
Kecam Dakwaan Terhadap Assange, Snowden: Perang Terhadap Jurnalisme!
A A A
MOSKOW - Mantan rekanan badan keamanan nasional Amerika Serikat (AS), NSA, yang menjadi whistleblower Edward Snowden mengecam dakwaan terhadap pendiri situs WikiLeaks Julian Assange. Ia mengatakan nasib jurnalisme tengah dipertaruhkan.

Pendiri situs WikiLeaks Julian Assange dijerat dengan 17 dakwaan baru di bawah undang-undang spionase oleh Departemen Kehakiman AS.

"Departemen Kehakiman AS hanya menyatakan perang - bukan pada Wikileaks, tetapi pada jurnalisme itu sendiri," cuit Snowden.

"Ini bukan lagi tentang Julian Assange: Kasus ini akan menentukan masa depan media," imbuhnya seperti dikutip dari Russia Today, Jumat (24/5/2019).

Reaksi yang sama juga ditunjukkan WikiLeaks. Situs whistleblower itu menyebut dakwaan itu sebagai sebuah kegilaan dan menyatakannay sebagai akhir dari jurnalisme keamanan nasional dan bahkan Amandemen Pertama itu sendiri.

Dakwaan terbaru itu mengancam akan menempatkan Assange di balik jeruji besi selama lebih dari 170 tahun, jika ia dinyatakan bersalah.

Assange ditangkap oleh otoritas Inggris pada April setelah menghabiskan hampir tujuh tahun di bawah suaka politik di kedutaan Ekuador di London. Washington sedang berusaha mencari cara untuk mengekstradisi wartawan itu, setelah sebelumnya menyegel tuduhan terhadap Assange dengan tuduhan konspirasi untuk meretas komputer Pentagon pada 2010.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7639 seconds (0.1#10.140)