Sejumlah Pria Bersenjata Serbu Hotel Bintang Lima di Pakistan

Sabtu, 11 Mei 2019 - 22:54 WIB
Sejumlah Pria Bersenjata Serbu Hotel Bintang Lima di Pakistan
Sejumlah Pria Bersenjata Serbu Hotel Bintang Lima di Pakistan
A A A
ISLAMABAD - Tiga pria bersenjata menyerbut sebuah hotel bintang lima di provinsi Balochistan, Pakistan, yang bergolak. Para pejabat mengatakan serangan itu menewasakn sedikitnya satu orang.

Serangan itu menargetkan Pearl Continental Hotel di kota pelabuhan Gwadar, titik fokus proyek China yang bernilai miliaran dolar. Sebagian besar tamu hotel telah berhasil dievakuasi.

Orang-orang bersenjata itu menyerbu hotel, yang populer di kalangan pengunjung asing, sekitar pukul 16:50 waktu setempat, menewaskan seorang penjaga keamanan. Tidak jelas berapa banyak orang di dalam gedung, tetapi para pejabat mengatakan mayoritas tamu telah dievakuasi.

Serangan itu terjadi hanya beberapa minggu setelah orang-orang bersenjata membunuh 14 orang, termasuk 11 personil militer, di wilayah tersebut.

Kelompok separatis Tentara Pembebasan Balochistan mengklaim pihaknya berada di balik serangan itu. Kelompok itu mengatakan pihaknya telah menargetkan para investor China dan asing lainnya seperti dikutip dari BBC, Sabtu (11/5/2019).

Militan di Balochistan menentang investasi China dengan mengatakan investasi tersebut tidak banyak bermanfaat bagi masyarakat setempat, lapor wartawan BBC Jill McGivering.

Provinsi Balochistan menjadi rumah bagi pemberontakan yang telah berlangsung lama. Provinsi ini adalah provinsi termiskin dan paling miskin di Pakistan.

Beberapa kelompok militan beroperasi di wilayah itu, termasuk Taliban Pakistan, Tentara Pembebasan Balochistan dan kelompok ekstremis Muslim Sunni Lashkar-e-Jhangvi.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5815 seconds (0.1#10.140)