Trump Dukung Rencana Bantuan Pangan Kemanusiaan ke Korut

Rabu, 08 Mei 2019 - 00:30 WIB
Trump Dukung Rencana Bantuan Pangan Kemanusiaan ke Korut
Trump Dukung Rencana Bantuan Pangan Kemanusiaan ke Korut
A A A
WASHINGTON - Korea Selatan (Korsel) mengatakan bahwa Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mendukung rencana negara itu memberikan bantuan pangan kemanusiaan ke Korea Utara (Korut). Demikian laporan kantor berita Korsel, Yonhap.

"Trump dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in berbicara selama 35 menit sebelumnya pada hari Selasa, selama panggilan di mana kedua pemimpin juga membahas cara untuk melanjutkan dialog dengan Pyonyang," kantor berita Korsel melaporkan seperti dikutip dari Reuters, Rabu (8/5/2019).

Pihak Gedung Putih tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Ditanya oleh wartawan pada bulan April lalu apakah ia siap untuk meringankan beberapa sanksi terhadap Korut, Trump mengatakan dia dan Moon sedang mendiskusikan hal-hal kemanusiaan tertentu dan kemungkinan Korsel membantu Korut dengan makanan.

Hampir setengah dari warga Korut menderita kerawanan pangan parah dan ransum resmi yang sedikit diperkirakan akan dipotong lebih lanjut setelah musim kemarau, gelombang panas, dan banjir telah menyebabkan panen terburuk dalam satu dekade, kata PBB, Jumat lalu.

Trump dan pemimpin Korut Kim Jong-un telah bertemu dua kali, tetapi pembicaraan antara kedua pemimpin terhenti. Pada hari Sabtu, Korut menembakkan proyektil di lepas pantai, tetapi Trump dan pemerintahannya telah menganggap remeh tes senjata tersebut.

Baca Juga: Korut Dilaporkan Tembakkan Rudal Jarak Pendek
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4776 seconds (0.1#10.140)