Korut Dilaporkan Tembakkan Rudal Jarak Pendek

Sabtu, 04 Mei 2019 - 08:31 WIB
Korut Dilaporkan Tembakkan Rudal Jarak Pendek
Korut Dilaporkan Tembakkan Rudal Jarak Pendek
A A A
SEOUL - Kantor berita Korea Selatan (Korsel), Yonhap, Korea Utara (Korut) menembakkan rudal ke arah timur kota pesisir Wonsan, Sabtu (4/5/2019) pagi.

"Pemerintah Korea Utara telah meluncurkan rudal jarak pendek di timur Semenanjung Hodo pukul 09:06 pagi (waktu setempat) hari ini," kata Kepala Staf Gabungan Korsel seperti dikutip dari Sputnik.

Lebih lanjut mereka mengatakan bahwa pemerintak Korsel dan Amerika Serikat (AS) akan menganalisis lebih rinci rudal tersebut.

Korut pada pertengahan bulan April lalu melakukan uji coba senjata kendali taktis tipe baru. Uji coba itu dipimpin langsung oleh Pemimpin Korut Kim Jong-un.

Negara sosialis itu terakhir kali menembakkan rudal adalah 28 November 2017. Kala itu mereka menembakkan rudal balistik antarbenua Hwasong-15 ke arah timur di atas wilayah utara Jepang.

Korut menghentikan segala bentuk uji coba tahun lalu di tengah ketegangan antara Pyongyang dengan Seoul dan Washington. Hal itu berujung pada sejumlah pembicaraan damai dan negosiasi serta pembongkaran beberapa situs utama rudal dan program senjata nuklir negara itu.

Pada 28 Februari, putaran terakhir pembicaraan antara Pemimpin Korut Kim Jong-un dan Presiden AS Donald Trump, yang bertemu di Hanoi, Vietnam, berantakan. Para pengamat khawatir gagalnya negosiasi menandakan pembaruan program senjata Pyongyang, tetapi sementara laporan yang mengisyaratkan kebangkitan beberapa fasilitas telah mereda, belum ada langkah tegas yang dilakukan sebelum uji coba pada hari ini.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3338 seconds (0.1#10.140)