Hari Pertama Ramadhan di Arab Saudi Dimulai Senin

Minggu, 05 Mei 2019 - 02:09 WIB
Hari Pertama Ramadhan di Arab Saudi Dimulai Senin
Hari Pertama Ramadhan di Arab Saudi Dimulai Senin
A A A
RIYADH - Bulan sabit yang menjadi tanda masuknya bulan Ramadhan tidak terlihat pada Sabtu malam di Arab Saudi, sehingga hari pertama bulan suci di negara itu akan dimulai Senin, 6 Mei 2019.

Uni Emirat Arab (UEA), yang kebijakan pemerintahnya mengikuti Saudi, juga memberlakukan hal serupa. Bulan sabit kemungkinan akan terlihat di Saudi pada Minggu (5/5/2019).

Otoritas pemantau bulan di Kerajaan Arab Saudi mengatakan bahwa tidak ada penampakan bulan sabit atau tanda awal Ramadhan pada hari Sabtu.

Awal pekan ini, Mahkamah Agung Saudi telah meminta warga untuk memberi tahu pengadilan terdekat jika mereka melihat bulan sabit Ramadhan dengan mata telanjang atau melalui teropong pada hari Sabtu.

"Kementerian (hukum) mengundang warga dan penduduk untuk mengeksplorasi penampakan bulan suci Ramadhan untuk tahun ini pada Sabtu, 29 Sya'ban 1440—4 Mei 2019. Jika bulan tidak terlihat, maka cari di hari Minggu, 30 Sya'ban 1440—5 Mei 2019," bunyi pengumuman Mahkamah Agung, seperti dikutip Arab News.

Otoritas hukum tersebut juga mendesak orang-orang yang melihat bulan sabit untuk bergabung dengan komite yang dibentuk di wilayah setempat untuk tujuan penetapan awal Ramadhan.

Dewan Tertinggi Bahrain untuk Urusan Islam juga telah mengadakan panel pemantauan bulan pada hari Sabtu untuk menerima berita dan kesaksian soal penampakan bulan sabit di Bahrain atau negara-negara Islam lainnya.

Dewan meminta pernyataan siapa pun yang memiliki informasi tentang penampakan bulan sabit untuk segera menghubungi panel. Indonesia yang mayoritas penduduknya Muslim kemungkinan juga akan menggelar sidang Isbat penentuan awal Ramadhan pada hari Minggu.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4273 seconds (0.1#10.140)