AS Bersihkan Pangkalan Udara Perang Vietnam dari Racun Agen Oranye

Minggu, 21 April 2019 - 10:44 WIB
AS Bersihkan Pangkalan Udara Perang Vietnam dari Racun Agen Oranye
AS Bersihkan Pangkalan Udara Perang Vietnam dari Racun Agen Oranye
A A A
HANOI - Amerika Serikat (AS) telah meluncurkan operasi pembersihan bernilai jutaan dolar di sebuah pangkalan udara di Vietnam yang digunakan untuk menyimpan zat kimia Agen Oranye yang terkenal kejam. Program selama sepuluh tahun itu, diluncurkan lebih dari empat dekade setelah berakhirnya Perang Vietnam, akan menelan biasa sebesar Rp2,5 triliun.

Situs di bandara Bien Hoa, di luar Kota Ho Chi Minh, dianggap paling terkontaminasi di negara itu.

Agen Orange adalah penggundulan hutan yang disemprot oleh pasukan AS untuk menghancurkan hutan dan mengungkap tempat persembunyian musuh. Isinya dioksin, yang merupakan salah satu bahan kimia paling beracun yang diketahui manusia dan telah dikaitkan dengan peningkatan angka kanker dan cacat lahir.

Vietnam mengatakan beberapa juta orang telah dipengaruhi oleh Agen Oranye, termasuk 150 ribu anak-anak yang lahir dengan cacat lahir yang parah.

Di Bien Hoa bahan kimia tersebut telah mencemari tanah dan meresap ke sungai terdekat. Jumlah dioxin di daerah itu empat kali lebih tinggi daripada yang ditemukan di bandara Danang di mana operasi serupa diselesaikan pada bulan November lalu.

Sebuah pernyataan dari badan pengembangan USAID AS, yang berada di belakang pembersihan, menggambarkan situs tersebut sebagai "hotspot terbesar sisa" dioxin di Vietnam.

"Fakta bahwa dua mantan musuh sekarang bermitra pada tugas yang sedemikian kompleks tidak kekurangan sejarah," kata duta besar AS untuk Vietnam, Daniel Kritenbrink, pada peluncuran program itu pada hari Sabtu kemarin seperti dikutip dari BBC, Minggu (21/4/2019).

Lebih dari 80 juta liter Agen Oranye diperkirakan telah disemprotkan oleh pasukan AS di Vietnam Selatan antara tahun 1962 dan 1971.

Dari tahun 1960-an, dokter di Vietnam mulai melihat peningkatan tajam pada cacat lahir, kanker dan penyakit lain yang terkait dengan paparan bahan kimia tersebut.

AS mengkompensasi para veteran perang yang terkena defoliant, tetapi tidak memberikan kompensasi kepada warga negara Vietnam.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6002 seconds (0.1#10.140)