Lewat Pertarungan Ketat, Netanyahu Menangkan Pemilu Israel

Rabu, 10 April 2019 - 22:54 WIB
Lewat Pertarungan Ketat, Netanyahu Menangkan Pemilu Israel
Lewat Pertarungan Ketat, Netanyahu Menangkan Pemilu Israel
A A A
TEL AVIV - Benjamin Netanyahu tampaknya berada di jalan yang tepat untuk terpilih kembali menjadi Perdana Menteri Israel. Lewat pertarungan yang ketat, ia berhasil memenangkan pemilu dan mengamankan kursi Perdana Menteri Israel untuk kelima kalinya.

Partai Likud dari sayap kanan Netanyahu bersaing ketat dengan partai sentris Biru dan Putih yang dipimpin oleh mantan kepala pasukan Benny Gantz. Media Israel melaporkan lebih dari 97% suara telah dihitung, kedua belah pihak diproyeksikan masing-masing memenangkan 35 kursi parlemen.

Namun berdasarkan penghitungan terbaru, jalan Netanyahu akan kembali berkuasa tampaknya sangat jelas. Sebuah blok yang dipimpin oleh Likud berhasil mengamankan 65 kursi dari 120 kursi di Knesset dengan menggabungkan kursi yang dimenangkan oleh dua partai agama ultra ortodoks, yang keduanya mendapatkan suara dengan baik, dengan suara yang dimiliki oleh partai-partai kecil sayap kanan.

Sementara blok kiri-tengah yang dipimpin oleh Gantz dan didukung oleh partai-partai Arab hanya akan mengumpulkan 55 kursi seperti dikutip dari CNN, Rabu (10/4/2019).

Gantz mengakui bahwa Netanyahu memiliki keunggulan.

"Peluang itu mungkin tidak menguntungkan kita," katanya dalam sebuah catatan kepada rekan-rekan partainya pada Rabu pagi, meskipun dia bersikeras hasilnya menceritakan kisah yang belum selesai.

Netanyahu sendiri telah mengklaim kemenangan pada Selasa malam.

"Blok sayap kanan yang dipimpin oleh Likud memenangkan kemenangan yang jelas. Saya berterima kasih kepada warga Israel atas kepercayaannya. Saya akan mulai membentuk pemerintahan sayap kanan dengan mitra alami kami segera setelah malam ini," kata Netanyahu.

Gambaran pemilu bisa berubah jika beberapa partai sayap kanan yang lebih kecil memutuskan untuk mendukung Gantz, kata pengamat. Namun itu adalah sebuah langkah yang tidak mungkin. Sementara suara diplomat di luar negeri dan tentara belum dihitung.

Jika Netanyahu mendapatkan masa jabatannya yang kelima, dia akan menjadi pemimpin terlama di Israel pada musim panas, menyusul David Ben-Gurion, pendiri negara itu.

Secara resmi, terserah Presiden Israel Reuven Rivlin, untuk memutuskan siapa yang ditugaskan membentuk pemerintahan selanjutnya. Rivlin akan mengumumkan keputusannya setelah berkonsultasi dengan para kepala partai politik yang telah mendapatkan cukup suara untuk duduk di Knesset. Konsultasi ini memakan waktu beberapa hari, dan Presiden kemungkinan akan mengumumkan keputusannya dalam waktu sekitar satu minggu.

Pada hari-hari terakhir kampanye, Netanyahu melakukan manuver tajam ke kelompok sayap kanan. Ia berjanji akan mencaplok permukiman di Tepi Barat jika terpilih kembali dan memperingatkan basis pemilihnya bahwa akhir pemerintahan sayap kanan yang akan akan menandakan awal dari pemerintahan sayap kiri yang lemah.

Netanyahu bertarung dalam pemilu di hadapan dakwaan yang membayangi dirinya atas kasus penyuapan dan pelanggaran kepercayaan. Tuduhan itu digambarkan Netanyahu sebagai perburuan penyihir yang dipimpin oleh elit sayap kiri dan diberi makan oleh media. Tanggal untuk sidang akhir dalam kasus in belum ditentukan.

Pada awalnya, Netanyahu menghadapi beragam musuh. Namun kemudian tiga mantan panglima militer datang bersama dengan pembawa acara berita TV yang berubah menjadi politisi untuk menciptakan partai Biru dan Putih, yang diberi nama sesuai dengan warna bendera Israel. Dipimpin oleh Gantz, seorang mantan kepala tentara di bawah Netanyahu, jumlah suara partai Biru dan Putih melonjak, dan pemilu dengan cepat menjadi perlombaan dua kuda.

Netanyahu - yang dikenal oleh para pendukung dan penentangnya sebagai "Bibi" - berfokus pada peningkatan statusnya sebagai pemain global yang memiliki hubungan dekat dengan Presiden Amerika Serikat dan Presiden Rusia.

Dalam kunjungan ke Washington yang dilakukan oleh Netanyahu selama kampanye, Donald Trump menandatangani proklamasi yang mengakui kedaulatan Israel atas Dataran Tinggi Golan, yang bertentangan dengan konsensus internasional yang luar biasa. Dan pada hari-hari penutupan pemilu, pada kunjungan ke Moskow, Netanyahu dapat secara pribadi berterima kasih kepada Vladimir Putin untuk peran kunci Rusia dalam menemukan mayat seorang tentara Israel yang telah hilang di Libanon selama hampir 37 tahun.

Dengan kemenangannya yang pasti, perhatian sekarang akan beralih ke kasus korupsi. Mahkamah Agung akan memutuskan apakah Netanyahu dapat melanjutkan jabatannya jika dia terbukti bersalah.

Netanyahu sendiri membantah telah melakukan kesalahan.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6567 seconds (0.1#10.140)