Pilot Tempur Wanita Pertama AS: Saya Diperkosa Perwira Atasan

Jum'at, 08 Maret 2019 - 00:27 WIB
Pilot Tempur Wanita Pertama AS: Saya Diperkosa Perwira Atasan
Pilot Tempur Wanita Pertama AS: Saya Diperkosa Perwira Atasan
A A A
WASHINGTON - Senator Martha McSally yang merupakan pilot tempur wanita pertama di Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) mengungkap bahwa dia pernah diperkosa perwira atasan saat aktif di militer. Dia tidak melaporkan skandal tersebut karena tidak mempercayai sistem yang berlaku pada saat itu.

"Para pelaku menyalahgunakan posisi kekuasaan mereka dengan cara yang mendalam, dan dalam satu kasus saya 'dimangsa' dan kemudian diperkosa oleh seorang perwira atasan," kata Senator McSally, seorang anggota Partai Republik dari Arizona, dalam sebuah sidang Senat tentang kekerasan seksual di militer Amerika pada Rabu waktu setempat atau Kamis (7/3/2019) WIB.

"Tapi tidak seperti begitu banyak penyintas pemberani, saya tidak melaporkan mengalami pelecehan seksual," akunya, dikutip The Telegraph. "Seperti banyak wanita dan pria, saya tidak mempercayai sistem. Saya menyalahkan diri sendiri. Saya malu dan bingung. Saya pikir saya kuat tetapi merasa tidak berdaya."

McSally tidak mengidentifikasi penyerangnya.

Anggota lain dari Subkomite di Komite Angkatan Bersenjata Senat AS, Senator Demokrat Tammy Duckworth yang merupakan pensiunan letnan kolonel Angkatan Darat dan kehilangan kedua kakinya dalam perang Irak, mengatakan militer sama sekali gagal menangani skandal serangan seksual.

Penyerangan dan pelecehan seksual di militer AS sebagian besar tidak dilaporkan dan mendapat pengawasan ketat dua tahun lalu setelah skandal yang melibatkan marinir berbagi foto-foto telanjang wanita secara online.

Pada 2017, periode terkini yang menyediakan data statistik, Departemen Pertahanan AS menerima 6.769 laporan kekerasan seksual yang melibatkan anggota layanan militer sebagai korban atau subjek penyelidikan kriminal. Menurut laporan Pentagon tahun lalu, angka itu mewakili peningkatan hampir 10 persen dalam kasus yang dilaporkan dari tahun sebelumnya.

"Saya tetap diam selama bertahun-tahun, tetapi kemudian dalam karier saya ketika militer bergulat dengan skandal dan tanggapan mereka yang sepenuhnya tidak memadai, saya merasa perlu untuk membiarkan beberapa orang tahu: Saya juga selamat," kata McSally dalam sidang Senat.

"Saya merasa ngeri dengan upaya saya untuk berbagi pengalaman saya secara umum," katanya, seraya menambahkan bahwa ia hampir meninggalkan Angkatan Udara setelah 18 tahun.

"Seperti banyak korban, saya merasa sistem itu memerkosa saya lagi," ujarnya.

Juru bicara Angkatan Udara Kapten Carrie Volpe telah berkomentar dalam sebuah pernyataan. "Kami terkejut dan sangat menyesal atas apa yang dialami Senator McSally dan kami berdiri di belakangnya dan semua korban kekerasan seksual. Kami teguh dalam komitmen kami untuk menghilangkan perilaku tercela ini dan pelanggaran kepercayaan di jajaran kami," katanya.

Dalam insiden terpisah, pihak berwenang di Georgia mengatakan pada hari Rabu bahwa mereka telah menangkap tiga anggota Angkatan Laut AS dengan tuduhan pemerkosaan dan sodomi. Menurut Kantor Sheriff Distrik Richmond, orang-orang tersebut ditahan setelah ada laporan serangan seksual pada hari Minggu di sebuah pesta di kediaman pribadi.

Pengungkapan Senator McSally terjadi kurang dari dua bulan setelah Senator Joni Ernst, seorang veteran Angkatan Darat, mengatakan secara terbuka bahwa dia telah diperkosa di perguruan tinggi oleh seseorang yang dia kenal dan bahwa mantan suaminya telah secara fisik melecehkannya. Seorang pengacara untuk mantan suaminya menolak berkomentar pada saat itu.

Ernst, seorang Republikan, di masa lalu telah bekerja dengan Senator Demokrat Kirsten Gillibrand untuk memerangi kekerasan seksual di militer.

Senator McSally, 52, yang menjabat dua masa jabatan di Dewan Perwakilan Rakyat AS, ditunjuk pada bulan Desember oleh Gubernur Arizona untuk mengambil alih kursi Senat yang pernah dipegang oleh mendiang John McCain. Pemilihan khusus akan diadakan pada tahun 2020 untuk mengisi sisa dua tahun masa jabatan McCain yang semestinya enam tahun.

Dalam pemilihan Kongres bulan November, Senator McSally kalah dari rivalnya dari Partai Demokrat Kyrsten Sinema dalam perebutan kursi Senat AS lainnya, yang sebelumnya dipegang oleh Jeff Flake dari Partai Republik.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4368 seconds (0.1#10.140)