PBB Berharap Pembicaraan Denuklirisasi Semenanjung Korea Berlanjut

Jum'at, 01 Maret 2019 - 16:39 WIB
PBB Berharap Pembicaraan Denuklirisasi Semenanjung Korea Berlanjut
PBB Berharap Pembicaraan Denuklirisasi Semenanjung Korea Berlanjut
A A A
NEW YORK - Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres berharap dialog denuklirisasi antara Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump dan pemimpin Korea Utara (Korut), Kim Jong-un terus berlanjut.

Juru bicara Guterres, Stephane Dujarric mengatakan, pemimpin PBB itu sangat menghargai upaya yang ditujukan oleh Trump dan Jong-un, meski hasilnya tidak sesuai dengan keinginan semua pihak. Gutters, lanjut Dujarric, berharap pembicaraan ini akan terus berlanjut.

"Saya pikir dia (Guterres) sangat menghargai upaya yang dilakukan dalam diskusi itu terlepas dari hasil, dari hasil yang kita lihat. Kami semua sangat berharap diskusi ini akan berlanjut," kata Dujarric.

Dujarric, seperti dilansir Sputnik pada Jumat (1/3), mengungkapkan bahwa Guterres tidak berharap bahwa proses pendekatan dengan pemerintah Korut akan berlajan dengan sangat mudah.

Seperti diketahui, pertemuan kedua Trump dan pemimpin Jong-un di Hanoi, Vietnam berakhir tanpa kesepakatan apapun. Bukan hanya itu, pertemuan tersebut juga berakhir lebih cepat dari yang dijadwalkan, setelah Trump 'walk out' di tengah pertemuan.

"Kadang-kadang kita harus pergi. Dan, kami memutuskan untuk tidak menandatangani apa pun hari ini," ucap Trump saat meninggalkan lokasi pertemuan dengan Jong-un.

Trump, dalam sebuah konferensi pers kemudian mengungkap alasan dia 'walk out' dan tidak membuat kesepakatan apapun dengan Jong-un. Alasannya adalah permintaan penghapusan sanksi yang tidak bisa diterima oleh Trump.

"Itu tentang sanksi. Kim Jong-un ingin sanksi dicabut secara keseluruhan, kami tidak bisa melakukan itu. (Tapi) kami belum menyerah," ungkapnya dan kemudian menyebut meski tidak adanya kesepakatan, banyak kemajuan yang dicapai dalam pertemuan tersebut.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5906 seconds (0.1#10.140)