Rouhani: Pernyataan Trump Soal Irak Ungkap Kebohongan AS

Rabu, 06 Februari 2019 - 15:23 WIB
Rouhani: Pernyataan Trump Soal Irak Ungkap Kebohongan AS
Rouhani: Pernyataan Trump Soal Irak Ungkap Kebohongan AS
A A A
TEHERAN - Presiden Iran. Hassan Rouhani mengatakan, pernyataan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump bahwa AS ingin menjaga pasukan di Irak untuk memantau Iran guna mengungkapkan "kebohongan" Amerika tentang memerangi terorisme.

"Anda mengatakan Anda tinggal di Irak untuk mengawasi Iran, sementara sebelumnya Anda mengatakan AS akan tinggal di sana untuk memerangi terorisme. Sangat menyenangkan bahwa Anda (Trump) dengan jujur mengekspresikan diri Anda!" ucap Rouhani.

"Anda berada di Afghanistan untuk tujuan yang sama. Anda ingin mengawasi, baik itu Iran atau Rusia dan China," sambungnya dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Sputnik pada Rabu (6/2).

Rouhani merujuk wawancara Trump baru-baru ini dengan CBS News "Face the Nation", di mana Trump mengatakan AS memiliki pangkalan militer yang sangai bagus di Irak, yang ingin ia pertahankan agar dapat mengawasi Iran.

Terkait pernyataan Trump tersebut, sebelumnya Presiden Irak, Barham Salih mengatakan para pejabat AS tidak berkonsultasi dengannya tentang kehadiran pasukan Amerika yang terus menerus dan mendorong gagasan AS menggunakan negaranya sebagai bagian dari strategi yang lebih luas untuk mengawasi Iran dan mengekang kekuatan regionalnya.

Mantan Perdana Menteri Haider al-Abadi, tokoh dalam politik Irak yang relatif dianggap pro AS, juga dengan tajam menolak pernyataan Trump. "Irak seharusnya tidak digunakan sebagai papan pegas untuk menyerang tetangganya. Kami bukan proksi dalam konflik di luar kepentingan bangsa kami," ungkapnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6175 seconds (0.1#10.140)