Sekelompok Orang Lempari Kedutaan Besar Iran di Belanda

Kamis, 10 Januari 2019 - 16:39 WIB
Sekelompok Orang Lempari...
Sekelompok Orang Lempari Kedutaan Besar Iran di Belanda
A A A
DEN HAAG - Sekelompok orang, yang diketahui adalah demonstran yang berdemonstrasi menentang pembunuhan dua pembangkang Iran di Belanda, melempari Kedutaan Besar Iran di Den Haag dengan batu.

Aksi demonstrasi yang berlangsung semalam itu diketahui awalnya berlangsung dengan damai, tetapi kemudian berubah menjadi kekerasan. Beberapa pengunjuk rasa dilaporkan melemparkan batu dan benda lain ke kedutaan dan mencoba memasuki gedung dengan memanjat pagar.

Melansir Anadolu Agency pada Kamis (10/1), polisi setempat menangkap empat tersangka, termasuk putra Ahmad Mola Nissi, seorang pemimpin kelompok separatis Gerakan Perjuangan Arab untuk Pembebasan Ahwaz (ASMLA), yang sebuah kelompok pemberontak nasionalis Arab - bertujuan untuk mendirikan negara terpisah di provinsi Khuzestan di barat daya Iran, yang dianggap sebagai organisasi teroris oleh Teheran.

Seperti diketahui, seorang pembangkang Iran bernama Nissi, ditembak mati di pintu depan kediamannya di Den Haag pada November 2017.

Pembangkang lainnya, Ali Motamed, terbunuh dengan cara serupa di luar rumahnya di Amsterdam pada Desember 2015. Otoritas Iran mengatakan, Motamed bertanggung jawab atas serangan bom di Teheran pada 1981 yang menewaskan lebih dari 70 orang.

Demonstrasi itu sendiri terjadi setelah pemerintah Belanda menuduh Iran menyewa geng-geng kriminal untuk membunuh kedua pria itu dan setelah Uni Eropa menjatuhkan sanksi pada Teheran atas apa yang diklaimnya sebagai kampanye luas rencana pembunuhan di seluruh Eropa.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0965 seconds (0.1#10.140)