Manfaatkan ASEAN, RI Perkuat Kerja Sama Tanggap Bencana Kawasan

Rabu, 09 Januari 2019 - 16:00 WIB
Manfaatkan ASEAN, RI Perkuat Kerja Sama Tanggap Bencana Kawasan
Manfaatkan ASEAN, RI Perkuat Kerja Sama Tanggap Bencana Kawasan
A A A
JAKARTA - Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Lestari Priansari Marsudi menyatakan Indonesia, melalui ASEAN, akan berusaha untuk memperkuat kerja sama dalam penanggulangan dan tanggap bencana di kawasan.

Upaya itu disampaikan dalam Pernyataan Pers Tahunan Menteri Luar Negeri di Jakarta, Rabu (9/1/2019). Retno menuturkan banyaknya bencana yang terjadi di kawasan, termasuk di Indonesia, menjadikan penguatan mekanisme tanggap bencana di kawasan menjadi sesuatu hal yang harus segera dilakukan.

"Menyikapi berbagai bencana alam dan dampaknya pada pembangunan di kawasan, Indonesia juga akan memperkuat mekanisme tanggap darurat dan pasca-bencana di kawasan, antara lain melalui penguatan AHA Centre dan Emergency Response and Assessment Team (ERAT)," katanya.

Di kesempatan yang sama, Retno juga mengatakan bahwa saat ini diplomasi bukan hanya tugas diplomat semata, tapi juga seluruh lapisan masyarakat. Setiap masyarakat, lanjut dia, bisa melakukan diplomasi dengan caranya masing-masing.

"Diplomasi tidak lagi hanya didominasi oleh kerja diplomat. Kalian juga adalah pejuang diplomasi Indonesia. Setiap individu kita, satu per satu tumbuh dan bergerak bersama ke berbagai penjuru dunia untuk membawa nama Indonesia," ujarnya.

"Marilah kita sama-sama bekerja keras, untuk bangsa Indonesia yang maju sejahtera dan bermartabat. Insya Allah," imbuh dia.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5747 seconds (0.1#10.140)