RI Hentikan Sementara Pengiriman Mahasiswa ke Taiwan

Kamis, 03 Januari 2019 - 11:36 WIB
RI Hentikan Sementara Pengiriman Mahasiswa ke Taiwan
RI Hentikan Sementara Pengiriman Mahasiswa ke Taiwan
A A A
JAKARTA - Kementerian Luar Negeri Indonesia menuturkan, pemerintah Indonesia akan menghentikan sementara pengiriman mahasiswa skema kuliah-magang ke Taiwan. Hal ini dilakukan pasca munculnya kabar adanya ratusan mahasiswa Indonesia yang dipaksa menjadi buruh di negara itu.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Indonesia, Arrmananta Nassir mengatakan, Kemlu telah mendapat laporan dari Kantor Dagang Ekonomi Indonesia (KDEI) di Taipei mengenai adanya pengaduan terkait berbagai permasalahan yang dihadapi sejumlah mahasiswaIndonesia peserta skema kuliah-magang di Taiwan.

"Menindak lanjuti laporan ini, KDEI Taipei telah meminta keterangan dan berkordinasi dengan otoritas setempat guna mendalami implementasi skema kuliah-magang yang yang berlangsung mulai 2017 tersebut," kata Arrmanantha dalam sebuah pernyataan pada Kamis (3/1).

Dia menuturkan, KDEI Taipei juga telah meminta otoritas setempat untuk mengambil langkah, sesuai aturan setempat, yang diperlukan guna melindungi kepentingan serta keselamatan mahasiswa peserta skema kuliah-magang.

"Indonesia akan menghentikan sementara perekrutan serta pengiriman mahasiswa skema kuliah-magang hingga disepakatinya tata kelola yang lebih baik," ungkapnya.

Saat ini terdapat sekitar 6.000 mahasiswa Indonesia di Taiwan, dengan sekitar 1.000 mahasiswa yang ikut dalam skema kuliah-magang di delapan universitas yang masuk ke Taiwan pada periode2017-2018.

(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5830 seconds (0.1#10.140)