Gelombang Panas Mencengkeram Australia 7 Hari Berturut-turut

Minggu, 30 Desember 2018 - 13:13 WIB
Gelombang Panas Mencengkeram Australia 7 Hari Berturut-turut
Gelombang Panas Mencengkeram Australia 7 Hari Berturut-turut
A A A
SYDNEY - Tujuh orang meninggal dunia ketika gelombang panas mencengkeram Australia. Gelombang panas juga membuat banyak orang ke pantai untuk menyegarkan diri.

Lima dari tujuh kematian itu terjadi di negara bagian tenggara Victoria antara Malam Natal dan Sabtu. Seorang warga Korea Selatan (Korsel) tenggelam pada Hari Natal ketika snorkeling di sebuah danau di negara bagian New South Wales bagian timur, sementara seorang lelaki lainnya tewas saat berselancar di Pantai Sunshine di negara bagian timur Queensland.

Temperatur telah melonjak lebih dari 40 derajat Celcius dari Australia Barat turun melalui gurun tengah yang berpenduduk jarang ke negara bagian pesisir timur yang padat selama tujuh hari terakhir. Biro cuaca memperkirakan panas akan berlanjut setelah jeda Malam Tahun Baru yang singkat.

"Selama beberapa hari mendatang, panas akan berkontraksi di daratan tetapi akan menguat lagi mulai pertengahan minggu pada hari Rabu," kata Jonathan How, seorang ahli cuaca di Biro Meteorologi seperti disitir dari Channel News Asia, Minggu (30/12/2018).

Peringatan "gelombang panas ekstrem" yang dikeluarkan biro itu termasuk kota terpadat di Australia, Sydney, tetapi kota-kota di tepi laut termasuk Hobart, Adelaide dan Melbourne didinginkan oleh angin laut.

Bagi empat perlima dari 25 juta penduduk Australia yang tinggal di pantai, panas musim panas biasanya membuat mereka bermalas-malasan di pantai.

Tetapi bagi mereka yang tinggal di wilayah yang kering ada sedikit jeda.

Di Kulgera Road House, dekat pusat Australia di mana kota terdekat hanya berpenduduk 15 orang, suhunya begitu tinggi sehingga pompa bensin berhenti beroperasi.

"Panas sekali bahan bakarnya tidak mengalir," kata Shelley Safran, manajer sebuah pom bensin, melalui telepon.

Gelombang panas baru-baru ini memecahkan rekor pada hari Kamis di Marble Bar di wilayah Pilbara yang kaya mineral Australia Barat, di mana panas mencapai 49,3 Celcius, rekor tertinggi sejak stasiun cuaca dibuka pada tahun 1999.

Desember adalah awal musim panas bagi Belahan Bumi Selatan dan musim membawa siklon hujan ke ujung utara negara itu.

Sebuah dataran awan tropis rendah telah terbentuk di lepas pantai Queensland utara jauh yang menurut biro cuaca memiliki peluang sedang untuk berkembang menjadi topan selama beberapa hari ke depan.

Biro cuaca juga mengeluarkan peringatan badai pada hari Minggu karena angin yang menghancurkan dan hujan yang memicu banjir di Semenanjung Cape York di ujung utara Australia, termasuk kota penambangan bauksit Weipa.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6529 seconds (0.1#10.140)