Perdana Menteri Belgia Ajukan Pengunduran Diri

Rabu, 19 Desember 2018 - 06:10 WIB
Perdana Menteri Belgia Ajukan Pengunduran Diri
Perdana Menteri Belgia Ajukan Pengunduran Diri
A A A
BRUSSELS - Perdana Menteri Belgia, Charles Michel, mengajukan pengunduran diri setelah partai sosialis dan hijau mengajukan mosi tidak percaya pada pemerintahan minoritasnya.

Michel menjalankan kembali pemerintahannya seminggu yang lalu sebagai administrasi minoritas setelah Flemish N-VA, partai terbesar dalam koalisinya, mundur sebagai protes atas dukungannya atas pakta migrasi Amerika Serikat (AS) seperti dikutip dari VOA, Rabu (19/12/2018).

Beberapa politisi Eropa mengatakan perjanjian itu dapat meningkatkan imigrasi karena blok tersebut telah semakin ketat dalam menerima pengungsi dan migran.

Koalisi tiga partai Michel yang semakin ramping kini hanya terdiri dari Partai MR liberalnya yang berbahasa Prancis dan dua partai Flemish.

Dengan pemilihan parlemen yang jatuh tempo pada bulan Mei, Michel dapat diminta oleh Raja Philippe untuk tetap bekerja dalam kapasitas sementara tetapi dengan kekuasaan yang terbatas. Raja juga dapat berbicara dengan para pemimpin politik lainnya dalam upaya untuk menyelesaikan masalah ini.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6481 seconds (0.1#10.140)