Dua Jet Su-27 Rusia Cegat Pesawat Tempur F-16 Milik Belgia

Sabtu, 25 April 2020 - 20:15 WIB
loading...
Dua Jet Su-27 Rusia Cegat Pesawat Tempur F-16 Milik Belgia
Dua jet Su-27 Rusia mencegat pesawat tempur F-16 Belgia di Laut Baltik. Foto/The Xplorion
A A A
MOSKOW - Dua jet tempur Su-27 milik Rusia mencegat dan mengawal sebuah pesawat tempur F-16 Belgia dari perbatasan Rusia ke Laut Baltik. Insiden itu terjadi setelah pesawat tersebut terlihat selama penebangan terjadwal di daerah itu.

"Pada 24 April 2020, selama penerbangan terjadwal kru penerbangan Angkatan Laut Baltik di atas perairan netral Laut Baltik, target udara yang terbang menuju perbatasan negara Rusia terdeteksi menggunakan kontrol wilayah udara dari Armada Baltik," bunyi pernyataan yang dikeluarkan Kementerian Pertahanan Rusia seperti dilansir dari Sputnik, Sabtu (25/4/2020).

Distrik Militer Barat Rusia menambahkan bahwa kedua jet Sukhoi Su-27, yang mengambil penerbangan untuk mengangkut dan mengawal pesawat sebelum melintasi perbatasan negara, mengidentifikasi jet tempur F-16 itu sebagai milik Angkatan Udara Belgia oleh pengidentifikasi numerik pada pesawat eksterior pesawat.

"Penerbangan pesawat Rusia dilakukan sesuai dengan hukum internasional tentang aturan penggunaan wilayah udara," tambah pernyataan itu.

Pertemuan antara pesawat Rusia dan negara anggota NATO telah meningkat baru-baru ini, dengan hingga 20 jet milik blok bentukan Amerika Serikat (AS) itu mendekati perbatasan negara itu setiap minggu. Pasukan pertahanan udara Rusia secara teratur memantau, menargetkan, dan melacak ratusan pesawat NATO yang beroperasi di dekat perbatasan, dan kadang-kadang mengirim jet tempur untuk mengawal pesawat militer asing menjauh dari wilayah udara Rusia.
(ber)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0795 seconds (0.1#10.140)