Trump Beri Isyarat Bakal Kunjungi Afghanistan

Kamis, 22 November 2018 - 23:54 WIB
Trump Beri Isyarat Bakal Kunjungi Afghanistan
Trump Beri Isyarat Bakal Kunjungi Afghanistan
A A A
FLORIDA - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengisyaratkan bahwa ia akan mengunjungi Afghanistan, salah satu tempat perang terpanjang negara adikuasa itu. Itu akan menjadi kunjungan Trump untuk pertama kalinya karena Afghanistan menjadi negara yang belum pernah dikunjunginya hampir dua tahun kepresidenannya.

Menyampaikan pesan libur Hari Thanksgiving melalui telekonferensi kepada pasukan di Afghanistan, Trump mengatakan kepada seorang Jenderal Angkatan Udara AS bahwa dia akan melihatnya kembali di Amerika Serikat, sebelum menambahkan: “Atau mungkin saya bahkan akan melihat Anda di sana. Anda tidak pernah tahu apa yang akan terjadi,” seperti dilansir dari Reuters, Kamis (22/11/2018).

Pimpinan komandan AS baru-baru ini secara rutin mengunjungi pasukan di zona perang aktif tetapi perjalanan semacam itu biasanya diselubungi rahasia demi alasan keamanan.

Trump belum melakukan kunjungan sejauh ini, meskipun Wakil Presiden Mike Pence membuat perjalanan kejutan ke Pangkalan Udara Bagram Desember lalu untuk mengunjungi pasukan AS.

Amerika Serikat memiliki sekitar 14.000 pasukan di Afghanistan, yang bertugas dalam pelatihan dan penasehat dalam misi yang dipimpin NATO serta dalam operasi kontra-terorisme yang terpisah terhadap kelompok-kelompok militan seperti Negara Islam (ISIS).

Pasukan AS tiba di Afghanistan pada 2001 sebagai bagian dari kampanye untuk menggulingkan Taliban menyusul serangan 11 September di Amerika Serikat.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6265 seconds (0.1#10.140)