Lama Sakit Serius, Kepala Intelijen GRU Rusia Meninggal

Kamis, 22 November 2018 - 08:01 WIB
Lama Sakit Serius, Kepala Intelijen GRU Rusia Meninggal
Lama Sakit Serius, Kepala Intelijen GRU Rusia Meninggal
A A A
MOSKOW - Kepala Direktorat Intelijen Militer Rusia (GRU), Kolonel Jenderal Igor Korobov, meninggal setelah sekian lama menderita sakit serius. Berita duka ini telah dikonfirmasi Kementerian Pertahanan Rusia.

Kementerian itu, dalam sebuah pernyataan yang dikutip Russia Today, mengumumkan kematian Korobov sekitar pukul 02.00 pagi waktu Moskow, Kamis (22/11/2018).

Korobov mulai menjabat sebagai bos GRU pada tahun 2016. Dia mengarahkan operasi GRU melawan pasukan teroris di Suriah.

Pada tahun 2017, dia dianugerahi gelar Pahlawan Federasi Rusia, sebuah kehormatan tertinggi di negara tersebut.

Korobov memulai karier militernya pada akhir 1970-an, di mana dia melayani Angkatan Udara Soviet sebelum dipilih untuk bergabung dengan cabang intelijen militer. Dia kemudian melanjutkan untuk mengawasi data pengumpulan intelijen strategis Rusia, dan akhirnya, untuk memimpin seluruh agensi.

Korobov memimpin GRU di saat politisi anti-Rusia menyebar di mana-mana. Direktorat itu disalahkan untuk berbagai hal seperti keracunan mantan agen ganda Rusia-Inggris Sergei Skripal dan putrinya di Salisbury, serta dugaan serangan siber terhadap pemilu AS 2016.

Tuduhan-tuduhan terakhir itu menjadikan Korobov sebagai salah satu sasaran sanksi anti-Rusia di AS. Meskipun demikian, menurut laporan media AS, dia melakukan kunjungan resmi ke Washington awal tahun ini.

Bersama dengan kepala dinas intelijen Rusia lainnya, Korobov pergi ke Washington untuk membahas kontra-terorisme dengan Direktur CIA yang saat itu dijabat Michael Pompeo. Belum ada konfirmasi resmi soal kunjungannya tersebut dari kedua belah pihak.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3284 seconds (0.1#10.140)