Trump Kecam Ide Prancis Bentuk Tentara Eropa

Minggu, 11 November 2018 - 13:45 WIB
Trump Kecam Ide Prancis Bentuk Tentara Eropa
Trump Kecam Ide Prancis Bentuk Tentara Eropa
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump mengecam ide Prancis untuk membentuk sebuah pasukan gabungan Eropa. Presiden Prancis, Emanuel Macron menyebut Tentara Eropa dibutuhkan untuk membela diri terhadap Rusia dan bahkan AS.

Melalui akun Twitternya, Trump sebut ide yang disampaikan Macron itu adalah sebuah penghinaan. Dia lalu menyebut, Eropa sebaiknya meningkatkan kontribusinya terhadap NATO, sebelum memutuskan membuat tentara gabungan.

"Presiden Macron dari Pprancis baru saja menyarankan agar Eropa membangun militernya sendiri untuk melindungi dirinya dari AS, China dan Rusia. Sangat menghina, tapi mungkin Eropa pertama-tama harus membayar bagian yang adil dari NATO, yang sangat disubsidi oleh AS!" kicau Trump, seperti dilansir Anadolu Agency pada Minggu (11/11).

Pernyataan Macron mengenai pembentukan tentara Eropa sendiri disampaikan saat melakukan wawancara dengan media Prancis pada pekan lalu.

Macron mengatakan, Eropa perlu mengurangi ketergantungannya pada kekuatan Amerika, paling tidak setelah Trump mengumumkan ia menarik diri dari perjanjian nuklir era Perang Dingin.

"Kami harus melindungi diri kami sendiri dengan menghormati China, Rusia dan bahkan AS. Ketika saya melihat Presiden Trump mengumumkan bahwa dia keluar dari perjanjian perlucutan senjata nuklir yang dibentuk setelah krisis rudal euro tahun 1980-an yang melanda Eropa, yang menjadi korban utama? Eropa dan keamanannya," terangnya.

"Kami tidak akan melindungi orang Eropa kecuali kami memutuskan untuk memiliki tentara Eropa sejati," sambung pemimpin Prancis tersebut.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6409 seconds (0.1#10.140)
pixels