Pertama Kali, Putra Mahkota Saudi Dikunjungi Delegasi Pendukung Israel

Jum'at, 02 November 2018 - 07:02 WIB
Pertama Kali, Putra...
Pertama Kali, Putra Mahkota Saudi Dikunjungi Delegasi Pendukung Israel
A A A
RIYADH - Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman (MBS) untuk pertama kali dalam sejarah menerima kunjungan delegasi Evangelis Kristen Amerika Serikat (AS) pendukung Israel di Riyadh. Mereka melakukan pembicaraan pada hari Kamis (1/11/2018).

Momen pertemuan itu terjadi seiring dengan ramainya laporan tentang kedekatan Saudi dengan Israel meski kedua negara tidak memiliki hubungan diplomatik resmi.
Kelompok delegasi itu tiba di Arab Saudi setelah mengadakan pembicaraan serupa dengan Putra Mahkota Uni Emirat Arab Mohammed Bin Zayed di Abu Dhabi.
Kelompok delegasi dipimpin oleh Joel C. Rosenberg, seorang penulis dan aktivis Evangelis yang tinggal di Israel. Peserta lainnya adalah Mike Evans, pendiri Friends of Zion Museum di Yerusalem.

Waktu pertemuan itu terjadi ketika Washington Post melaporkan bahwa Perdana Menteri Benjamin Netanyahu telah meminta anggota senior administrasi Trump untuk terus mendukung MBS meskipun ada kontroversi seputar dugaan keterlibatannya dalam pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi.

Menurut laporan itu, Netanyahu dan para pemimpin Timur Tengah lainnya seperti Presiden Mesir Abdel Fatah el-Sissi berpendapat bahwa MBS adalah mitra strategis yang penting di wilayah tersebut.

Kelompok delegasi itu berbicara kepada MBS tentang Israel, Palestina, serta hubungan Saudi dengan Amerika Serikat.

"Kami senang dengan undangan yang diberikan kepada kami lebih dari dua bulan yang lalu oleh Kerajaan Arab Saudi," kata kelompok delegasi itu dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip Jerusalem Post, Jumat (2/11/2018).

"Tanpa pertanyaan, ini adalah musim perubahan luar biasa di Timur Tengah, dan oleh karena itu kami bersyukur atas kesempatan untuk bertemu langsung dengan para pemimpin kunci Arab untuk memahami tujuan mereka dan mengajukan pertanyaan langsung. Kami berharap untuk membangun hubungan ini dan melanjutkan dialog," lanjut pernyataan kelompok tersebut.

Selama kunjungan, kelompok delegasi juga bertemu dengan Menteri Luar Negeri Saudi; Menteri Pendidikan; Menteri Urusan Islam; Sekretaris Jenderal "Etidal", Pusat Global untuk Memerangi Ideologi Ekstremis; dan Sekretaris Jenderal Liga Dunia Muslim.

Pertemuan berlangsung sekitar dua jam. Rencana "Visi 2030" ikut didiskusikan antara MBS dan kelompok delegasi dari Israel itu.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1175 seconds (0.1#10.140)