Parlemen Uni Eropa Serukan Embargo Senjata Terhadap Arab Saudi

Kamis, 25 Oktober 2018 - 23:45 WIB
Parlemen Uni Eropa Serukan Embargo Senjata Terhadap Arab Saudi
Parlemen Uni Eropa Serukan Embargo Senjata Terhadap Arab Saudi
A A A
BRUSSELS - Anggota parlemen Uni Eropa menyerukan embargo senjata terhadap Arab Saudi. Mereka juga meminta larangan peralatan yang dapat digunakan dalam tindakan keras pemerintah Saudi.

Sebanyak 325 anggota parlemen Uni Eropa mendukung, 1 menolak dan 19 abstain atas resolusi yang menyerukan negara-negara anggota untuk memaksakan embargo senjata atas Arab Saudi. Hal itu sebagai tanggapan atas pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi di Konsulat Saudi di Istanbul.

Resolusi yang tidak mengikat ini juga menuntut penghentian ekspor sistem pengawasan dan barang-barang penggunaan ganda lainnya yang dapat digunakan Arab Saudi untuk tujuan represi.

"Negara-negara Uni Eropa (UE) tidak boleh terus menutup mata terhadap pelanggaran hak asasi manusia serius yang dilakukan oleh pemerintah Saudi," kata pemimpin anggota parlemen Hijau Ska Keller seperti dikutip dari AP, Kamis (25/10/2018).

Banyak negara Uni Eropa terlibat perdebatan tentang penghentian ekspor senjata tetapi tidak ada dorongan yang jelas untuk melakukan embargo.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4838 seconds (0.1#10.140)