Trump Konfirmasi AS Keluar dari Perjanjian Senjata Nuklir dengan Rusia

Minggu, 21 Oktober 2018 - 04:18 WIB
Trump Konfirmasi AS Keluar dari Perjanjian Senjata Nuklir dengan Rusia
Trump Konfirmasi AS Keluar dari Perjanjian Senjata Nuklir dengan Rusia
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald John Trump mengonfirmasi bahwa dia menarik AS keluar dari perjanjian senjata nuklir dengan Rusia.

Setelah "mengkhianati" perjanjian bernama Intermediate-Range Nuclear Forces (INF) tersebut, Trump berjanji bahwa Washington akan mengembangkan senjata.

Menurut Trump, alasan Washington hengkang dari INF karena Moskow diduga melanggar perjanjian tersebut.

"Kami akan mengakhiri perjanjian itu dan kemudian kami akan mengembangkan senjata," katanya pada hari Sabtu, yang dilansir AP, Minggu (21/10/2018).

Keputusan Presiden Amerika itu tidak akan berubah kecuali Rusia dan China menyetujui kesepakatan baru.

Rusia telah berulang kali mengatakan bahwa Moskow akan terus mematuhi INF secara ketat selama AS juga melakukannya.Baca Juga: AS Bersiap Keluar dari Perjanjian Senjata Nuklir dengan Rusia
Namun, Presiden Vladimir Putin menyatakan pada bulan Oktober 2017 bahwa setiap penarikan dari Washington akan berbuah respons langsung dari Moskow mirip "cermin".

Sebelum konfirmasi Trump tersebut muncul, Penasihat Keamanan Nasional Gedung Putih John Bolton telah membocorkan rencana AS hengkang dari INF. Perjanjian itu diteken AS dan Rusia (saat itu bernama Soviet) pada tahun 1987.

"Bolton, yang melakukan perjalanan ke Moskow pada 20 Oktober, akan memberikan pesan itu kepada Putin secara langsung," tulis New York Times mengutip bocoran agenda kunjungan Bolton.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7453 seconds (0.1#10.140)
pixels