Gempa 5,9 SR Guncang Haiti, 10 Orang Dilaporkan Tewas

Minggu, 07 Oktober 2018 - 12:32 WIB
Gempa 5,9 SR Guncang Haiti, 10 Orang Dilaporkan Tewas
Gempa 5,9 SR Guncang Haiti, 10 Orang Dilaporkan Tewas
A A A
PORT AU PRINCE - Gempa berkuatan 5,9 skala Richter (SR) mengguncang wilayah ujung utara Haiti, Sabtu malam waktu setempat. Akibatnya, sejumlah orang dilaporkan tewas dan menyebabkan beberapa kerusakan.

Kepala polisi untuk wilayah barat laut, Jackson Hilaire, mengatakan tujuh orang tewas di Port de Paix, kota utara dekat episentrum gempat. Sementara Menteri Dalam Negeri Reynaldo Brunet mengatakan tiga orang telah tewas di wilayah selatan kota Gros-Morne, seperti dikutip dari VOA, Minggu (7/10/2018).

Badan gempa Amerika Serikat (AS), Survei Geologi AS mengatakan, gempa yang melanda pukul 8:11 malam waktu setempat terjadi di 19 kilometer barat laut Port de Paix di pantai utara Haiti. Pusat gempa 11,7 kilometer di bawah permukaan.

Badan perlindungan sipil negara itu mengeluarkan pernyataan yang mengatakan beberapa orang terluka dan beberapa rumah hancur di Port de Paix, Gros Morne, Chansolme, dan Pulau Kura-kura. Di antara bangunan yang rusak adalah gereja Saint-Michel di Plaisance.

Petugas penyelamat lainnya melaporkan runtuhnya sebagian rumah sakit dan auditorium ketika gempa menghantam pada malam saat turun hujan.

Getaran gempa terasa hingga ke Ibu Kota, Port au Prince, serta di Republik Dominika yang bersebelahan.

Haiti adalah negara miskin, di mana banyak yang tinggal dalam keadaan lemah. Negara ini sangat rentan terhadap gempa bumi. Gempa 7,1 skala Richter yang sangat besar merusak banyak bangunan di Ibu Kota pada 2010 dan menewaskan sekitar 300 ribu orang.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5166 seconds (0.1#10.140)