Senat AS Konfirmasi Brett Kavanaugh sebagai Hakim Agung

Minggu, 07 Oktober 2018 - 06:08 WIB
Senat AS Konfirmasi Brett Kavanaugh sebagai Hakim Agung
Senat AS Konfirmasi Brett Kavanaugh sebagai Hakim Agung
A A A
WASHINGTON - Senat AS, dengan suara terpecah, mengonfirmasi Brett Kavanaugh sebagai Ketua Mahkamah Agung atau Hakim Agung. Kubu Partai Republik yang menguasai kursi Senat menolak tuduhan bahwa Kavanaugh melakukan kekerasan seksual terhadap beberapa wanita di masa lalu.

Keputusan Senat pada hari Sabtu waktu Washington itu menjadi kemenangan besar Presiden Donald Trump sebagai pihak yang mencalonkan Kavanaugh.

Dengan voting 50-48, Senat memberikan pekerjaan seumur hidup kepada Kavanaugh, 53, sebagai Hakim Agung AS. Tuduhan skandal seksual telah memicu perdebatan sengit selama berminggu-minggu di Senat.

Keputusan itu menjadi pukulan keras bagi Partai Demokrat yang sudah selama ini mengecam kontrol Partai Republik atas Gedung Putih dan Kongres AS.

Konfirmasi dari Senat diwarnai demonstrasi para wanita di luar gedung. Para demonstran meneriakkan "Shame on you" beberapa kali yang mengganggu proses pemungutan suara konfirmasi akhir pada Sabtu sore.

Salah satu wanita yang mengaku jadi korban serangan seks Kavanaugh adalah profesor Christine Blasey Ford. Serangan seks, kata dia, terjadi saat keduanya sama-sama sebagai pelajar di sekolah menengah di pinggiran Washington pada tahun 1982.

Dua wanita lain juga membuat tuduhan serupa dengan waktu kejadian tahun 1980-an.

Kavanaugh telah melawan dengan keras semua tuduhan tersebut saat memberikan kesaksian di hadapan Komite Kehakiman Senat yang disiarkan langsung stasiun televisi AS.

Salah satu Senator Republik yang mendukung terpilihnya Kavanaugh adalah Susan Collins. Para demonstran asal Maine, negara bagian asal Collins, mengibarkan bendera terbalik sebagai tanda protes.

Sementara itu, Presiden Donald Trump, melalui Twitter menyambut terpilihnya Kavanaugh sebagai Ketua Mahkamah Agung.

"Saya salut dan mengucapkan selamat kepada Senat AS karena mengonfirmasikan nomine Hakim Brett Kavanaugh sebagai (Ketua) Mahkamah Agung Amerika Serikat. Hari ini, saya akan menandatangani Komisi Penunjukan, dan dia akan secara resmi dilantik. Sangat menarik!," tulis Trump via akun Twitter-nya, @realDonaldTrump, Minggu (7/10/2018).
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7898 seconds (0.1#10.140)