Terhindar dari Rudal, Bos ISIS Baghdadi Lolos dari Maut

Minggu, 07 Oktober 2018 - 05:27 WIB
Terhindar dari Rudal, Bos ISIS Baghdadi Lolos dari Maut
Terhindar dari Rudal, Bos ISIS Baghdadi Lolos dari Maut
A A A
BAGHDAD - Pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi dilaporkan lolos dari kematian untuk kesekian kalinya. Dia terhindari dari serangan rudal Iran setelah datang terlambat ke pertemuan kelompoknya.

"Al-Baghdadi akan terbunuh dalam serangan itu, tetapi dia selamat karena dia terlambat beberapa menit untuk pertemuan," kata pemimpin Pasukan Mobilisasi Populer Irak, Jabbar al-Maamouri kepada media Irak.

"Serangan Iran terhadap kantong khusus ISIS (Islamic State) di timur Eufrat di Suriah menggunakan rudal beberapa hari yang lalu menargetkan pertemuan penting untuk apa yang disebut sebagai dewan perang ISIS, yang Abu Bakr al-Baghdadi sedang dalam perjalanan," ujarnya yang dilansir Daily Star, Sabtu (6/10/2018) malam.

Baghdadi yang memproklamirkan diri sebagai khalifah tahun 2014 itu menjadi tersangka teroris yang paling dicari di dunia. Dia telah beberapa kali dilaporkan tewas oleh serangan rudal Amerika Serikat (AS) dan Rusia, namun laporan itu tak pernah bisa terkonfirmasi dan dia diyakini masih hidup.

AS telah menawarkan hadiah sekitar Rp378 miliar untuk informasi yang mengarah pada jejak maupun kematiannya.

Hadiah untuk penangkapannya setara dengan hadiah untuk penangkapan pemimpin al-Qaeda, Ayman al-Zawahiri, penerus Osama bin Laden.

Iran sebelumnya mengonfirmasi bahwa militernya menembakkan enam rudal terhadap sasaran teroris di Suriah sebagai respons atas serangan terhadap parade militer di Ahvaz.

Serangan dalam parade militer itu dilakukan empat pria bersenjata dan menewaskan sekitar 25 orang, termasuk belasan anggota Garda Revolusi.Teheran mengklaim serangannya di sekitar Eufrat, Suriah, menewaskan sekitar 65 teroris.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4160 seconds (0.1#10.140)
pixels