Menteri Pertahanan AS Lakukan Kunjungan Mendadak ke Afghanistan

Jum'at, 07 September 2018 - 14:16 WIB
Menteri Pertahanan AS Lakukan Kunjungan Mendadak ke Afghanistan
Menteri Pertahanan AS Lakukan Kunjungan Mendadak ke Afghanistan
A A A
KABUL - Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS), James Mattis, tiba di Ibu Kota Afghanistan Kabul, Jumat (7/9/2018), dalam sebuah kunjungan mendadak ke negara yang telah lelah berperang itu.

Komando pasukan AS yang ada di Afghanistan mengkonfirmasi kunjungan tersebut tetapi tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Mattis diharapkan bertemu dengan komandan militer Afghanistan, AS dan NATO serta Presiden Ashraf Ghani. Mattis didampingi oleh ketua Kepala Staf Gabungan, Jenderal Marinir Joseph Dunford seperti dikutip dari CBS News.

Kedatangan Mattis terjadi hanya beberapa hari setelah seorang pembom bunuh diri menewaskan 21 orang dan di tengah serangan orang dalam yang baru yang merenggut nyawa seorang anggota militer Amerika dan delapan polisi lokal awal pekan ini.

Pemerintahan Trump tampaknya meningkatkan upaya untuk mengakhiri perang Afghanistan. Menteri Luar Negeri, Mike Pompeo, pekan ini mengumumkan penunjukan Zalmay Khalilzad sebagai utusan baru Washington untuk rekonsiliasi Afghanistan. Khalilzad, seorang tokoh kontroversial di kawasan itu, adalah mantan Dubes untuk Afghanistan.

Mattis mengatakan kepada wartawan minggu ini bahwa dia berharap tentang pembicaraan damai dengan Taliban, seperti diberitakan kantor berita Reuters.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3234 seconds (0.1#10.140)
pixels