OPCW Pastikan Dua Warga Inggris Terpapar Novichok

Rabu, 05 September 2018 - 08:13 WIB
OPCW Pastikan Dua Warga Inggris Terpapar Novichok
OPCW Pastikan Dua Warga Inggris Terpapar Novichok
A A A
AMSTERDAM - Uji laboratorium oleh pengawas senjata kimia mengkonfirmasi kesimpulan Inggris bahwa dua orang di Amesbury, barat daya Inggris, terkena zat saraf tipe Novichok. Charlie Rowley dan Dawn Sturgess terpapar oleh zat saraf tersebut pada akhiri Juli lalu.

Organisasi untuk Pelarangan Senjata Kimia (OPCW) mengatakan analisis oleh laboratorium yang ditunjuk atas sampel yang dikumpulkan oleh timnya mengkonfirmasi temuan dari Inggris yang berkaitan dengan identitas kimia beracun.

Dawn Sturgess (44) meninggal setelah ia dan pasangannya terkena racun dekat kota Salisbury di mana agen ganda Rusia Sergei Skripal dan putrinya Yulia terpapar racun yang sama pada bulan Maret lalu.

"Itu adalah bahan kimia beracun yang sama dengan yang ditemukan dalam sampel biomedis dan lingkungan yang berkaitan dengan keracunan Sergei Skripal," kata OPCW seperti dikutip dari Reuters, Rabu (5/9/2018).

Inggris telah menuduh Rusia, yang mengembangkan zat beracun di era Uni Soviet, meracuni Skripal. Namun Moskow menyangkal semua keterlibatannya dalam serangan tersebut.

Inggris siap meminta Rusia untuk mengekstradisi dua orang yang diduga melakukan serangan zat saraf pada Skripal.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6091 seconds (0.1#10.140)