Jet Tempur Suriah Mulai Beraksi, Idlib di Ambang Serangan Besar

Rabu, 05 September 2018 - 06:56 WIB
Jet Tempur Suriah Mulai Beraksi, Idlib di Ambang Serangan Besar
Jet Tempur Suriah Mulai Beraksi, Idlib di Ambang Serangan Besar
A A A
DAMASKUS - Pesawat-pesawat jet tempur Suriah mulai meluncurkan serangan udara di Provinsi Idlib yang dikuasai pemberontak. Asksi militer rezim Damaskus ini memicu kekhawatiran bahwa Idlib akan dilanda serangan besar-besaran.

Kekhawatiran itu disuarakan PBB yang telah mendesak Rusia, sekutu pemerintah Suriah, dan Turki, yang mendukung kelompok pemberontak tertentu di Idlib, untuk membantu mencegah pertumpahan darah.

Serangan militer besar-besaran, jika terjadi, akan menghancurkan hampir 3 juta orang yang tinggal di Provinsi Idlib itu, termasuk banyak pemberontak dan warga sipil yang telah terusir daerah lain.

Menurut laporan Al Jazeera, Rabu (5/9/2018), setidaknya sudah 24 serangan menghantam daerah itu pada Selasa pagi. Laporan itu berdasarkan pemantauan dari Antakya, Turki dan laporan para aktivis di Suriah.

Selain jet tempur rezim Damaskus, pesawat tempur Rusia juga terlihat beroperasi di sekitar Idlib.

Pemboman militer Damaskus ditujukan ke Kota Jisr al-Shughour, di Idlib barat. Beberapa kota dan desa di sekitarnya juga menjadi target.

Menurut Ahmed Yarji dari kelompok relawan White Helmets, sedikitnya 10 warga sipil tewas dalam serangan udara Suriah dan 20 lainnya terluka. Damaskus dan Mokosw selama ini menentang akivitas kelompok White Helmets yang mereka tuding pro-pemberontak dan kelompok militan.

Yarji mengatakan, lima anak yang anggota keluarga yang sama, tewas dalam serangan tersebut. Mereka yang tewas berusia lima hingga 11 tahun.

"Rumah sipil adalah satu-satunya bangunan yang menjadi sasaran," kata Yarji pria berusia 33 tahun itu.

"Petugas medis dapat merespons tetapi itu sangat menantang, terutama karena jalan utama yang digunakan oleh ambulans juga dibom," ujar Yarji.

Menurut Yarji, serangan udara double-tap ikut menargetkan anggota White Helemts Putih saat mereka mencapai serangan situs dalam serangan sebelumnya.

"Warga di daerah itu takut untuk tidur di dalam rumah mereka hari ini, dan banyak yang memilih untuk tidur di padang gurun, takut gelombang lain serangan udara," katanya.

Tak lama sebelum serangan hari Selasa, Kremlin menyebut Idlib sebagai kantong terorisme dan mengatakan kehadiran kelompok pemberontak di sana merongrong kemungkinan penyelesaian politik untuk mengakhiri perang tujuh tahun di Suriah.

"Kami tahu bahwa angkatan bersenjata Suriah sedang bersiap untuk menyelesaikan masalah ini," kata Dmitry Peskov, juru bicara Kremlin, tanpa berkomentar mengenai kerangka waktu untuk operasi yang diharapkan.

Presiden Suriah Bashar al-Assad telah bersumpah untuk merebut kembali setiap inci wilauah Suriah dan telah meraih kemenangan besar terhadap pemberontak sejak Rusia bergabung dengan upaya perangnya tiga tahun lalu.

Pasukannya telah mengumpulkan di sekitar Idlib, mungkin dalam persiapan untuk serangan untuk merebut benteng besar terakhir dari kelompok pemberontak yang telah berusaha untuk menggulingkan Assad sejak dimulainya perang pada tahun 2011.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4713 seconds (0.1#10.140)