Pertama Kali, Para Wanita Balapan Go-Kart di Arab Saudi

Senin, 03 September 2018 - 09:51 WIB
Pertama Kali, Para Wanita Balapan Go-Kart di Arab Saudi
Pertama Kali, Para Wanita Balapan Go-Kart di Arab Saudi
A A A
JEDDAH - Balapan go-kart dengan semua pembalapnya wanita digelar untuk pertama kalinya di Jeddah, Arab Saudi. Kompetisi berlangsung Sabtu pekan lalu, di mana sepuluh kontestan berlomba untuk memperebutkan hadiah senilai lebih dari USD2.500 (Rp36,9 juta).

Balapan tersebut disponsori oleh Otoritas Umum Olahraga Arab Saudi yang diwakili oleh Federasi Mobil dan Sepeda Motor Saudi.

Aseel al-Hamad, anggota dewan perempuan pertama dari Federasi Motor Arab Saudi, mengatakan kepada Al Arabiya English bahwa dia senang menjadi bagian dari acara tersebut, yang tercatat sebagai yang pertama kali di kerajaan.

Menurutnya, ada minat yang besar dari para pengemudi perempuan Saudi untuk menjadi bagian dari kompetisi.

“Babak pertama adalah pada bulan Juli, dan 20 kontestan dipilih karena memiliki waktu balapan terbaik. Tur berakhir pada 30 Juli dengan lima finalis yang lolos ke babak final," katanya.

"Dua puluh kontestan lain dengan waktu tercepat dipilih pada bulan Agustus. Putaran ini berakhir dengan lima finalis yang lolos pada 26 Agustus, sehingga total jumlah finalis adalah sepuluh," lanjut Hamad, yang dilansir semalam (2/9/2018).

Pemenang balapan ini adalah Amjad al-Umry dari Saudi, yang merupakan mahasiswi teknik mesin di King Faisal University.

"Kompetisi benar-benar ketat, dan para wanita yang bersaing berada pada tingkat yang sangat tinggi dan saya benar-benar senang berkompetisi dengan wanita pada tingkat seperti itu," kata Umry.

Hamad mengatakan bahwa Federasi Motor Arab Saudi sepenuhnya mendukung acara tersebut, dan itu diterima dengan positif dari para wanita muda Saudi yang tertarik untuk mencoba olahraga yang dianggap baru di kerajaan.

"Turnamen ini adalah awal dari masa depan olahraga motor untuk wanita di Arab Saudi sejalan dengan arahan Otoritas Umum Olahraga dan dukungannya terhadap olahraga wanita," kata Hamad.

Dia menambahkan bahwa integrasi perempuan dalam olahraga di Arab Saudi hari ini adalah penegasan dukungan pemerintah, dan pemberdayaan perempuan Saudi di berbagai bidang.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5322 seconds (0.1#10.140)