Bangkai Kapal Karam Terkenal di Dunia

Senin, 23 Juli 2018 - 11:50 WIB
Bangkai Kapal Karam Terkenal di Dunia
Bangkai Kapal Karam Terkenal di Dunia
A A A
Menurut data Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB), saat ini diperkirakan ada 3 juta bangkai kapal (kapal komersial maupun kapal perang) di dasar laut dunia. Kondisi kapal biasanya sudah ditinggalkan meski tetap berdiri tenggelam atau membusuk di dekat pantai. Bahkan sejumlah bangkai kapal telah berubah menjadi tempat wisata. Berikut 10 bangkai kapal karam terkenal di dunia.

DMITRII DONSKOI
Bangkai Kapal Karam Terkenal di Dunia

Tim gabungan Korea Selatan, Inggris dan Kanada, baru-baru ini dilaporkan telah menemukan bangkai kapal perang Rusia yang karam dalam pertempuran 113 tahun silam. Kapal itu diyakini mengangkut 200 ton emas batangan dan koin dengan total USD130 miliar atau lebih dari Rp1.871 triliun. Kapal perang yang karam ratusan tahun silam itu adalah kapal Dmitrii Donskoi milik Angkatan Laut Kekaisaran Rusia. Bangkainya ditemukan di laut di kedalaman lebih dari 1.400 kaki sekitar satu mil dari Pulau Ulleungdo, Korea Selatan.

COSTA CONCORDIA
Bangkai Kapal Karam Terkenal di Dunia

Pada 13 Januari 2012 kapal pesiar besar ini kandas dan terbalik dari Isola del Giglio Italia dimana 32 penumpangnya tewas. Kapal terbalik menarik ribuan turis ingin mengunjunginya. Operasi penyelamatan dimulai pada pertengahan 2013 dan tidak lama kemudian kapal ditarik keluar dari teluk. Ini adalah kapal karam penumpang terbesar hingga saat ini

RMS TITANIC
Bangkai Kapal Karam Terkenal di Dunia

Pada 14 April 1912, RMS Titanic karam dalam pelayaran perdananya dari Southampton, (Inggris) ke New York dan merenggut korban tewas sebanyak 1.500 orang. Kapal pesiar mewah raksasa bertenaga uap sepanjang 269 meter buatan Inggris ini adalah kapal terbesar ketika itu. Setelah 73 tahun dinyatakan tenggelam, pada 1 September 1985 bangkai Titanic ditemukan di 600 kilometer di tenggara Newfoundland pada kedalaman 12.000 kaki atau sekitar 4 kilometer di dasar laut.

AMERICAN STAR
Bangkai Kapal Karam Terkenal di Dunia

Pada 18 Januari 1994, kapal Amerika Serikat Lines SS American Star tenggelam saat terjadi badai besar di Fuerteventura Kepulauan Canary. Kapal pecah menjadi dua dan kemudian kehilangan setengah punggungnya. Pada 2007, sisa kapal yang rusak parah itu telah runtuh ke sisi pelabuhannya, perlahan-lahan hampir terendam sepenuhnya. Pada 2008-2012, sebagian besar jenazah awak kapal tergelincir di bawah permukaan.

DIMITRIOS
Bangkai Kapal Karam Terkenal di Dunia

Dimitrios (sebelumnya bernama "Klintholm"), sebuah kapal pengangkut berukuran 67 meter berkapasitas kargo 965 ton yang dibuat pada 1950. Dimitrios terdampar di pantai Valtaki dekat Gythio Yunani sejak 23 Desember 1981.

SS ROBERT CORNYDON
Bangkai Kapal Karam Terkenal di Dunia

SS Robert Coryndon adalah kapal penumpang dan feri kargo Inggris yang berlayar di Danau Albert Uganda, Afrika tengah. Dibuat pada 1930, kapal ini merupakan bagian dari rencana membantu pembuatan jaringan kereta api, kapal uap dan pengeboran danau untuk mendukung kepentingan Inggris di Mesir, Afrika Timur dan Afrika bagian selatan. Kapal ini tenggelam pada 1962. Pada awal 2012, hanya tiang belakang kapal yang masih terlihat di atas air.

PANAGIOTIS
Bangkai Kapal Karam Terkenal di Dunia

Panagiotis adalah kapal karam yang tergeletak di pasir putih teluk Pantai Zakynthos (Zante), Yunani. Bangkai kapal ini sekarang menjadi daya tarik wisata populer dengan ribuan pengunjung setiap tahunnya. Dibuat di Skotlandia pada 1937, Panagiotis hancur pada 1980, diperkirakan saat membawa rokok selundupan dan dikejar oleh Angkatan Laut Yunani.

MV PLASSEY
Bangkai Kapal Karam Terkenal di Dunia

MV Plassy atau Plassey adalah kapal pukat uap yang diluncurkan pada akhir 1940. Pada 8 Maret 1960, saat berlayar melalui Galway Bay kapal ini terjebak dalam badai parah dan terdampar di Finnis Rock, Inisheer, Kepulauan Aran, Irlandia. Beberapa minggu kemudian badai kedua menghempaskan kapal dan membawanya ke darat di pulau itu.

MV SYGNA
Bangkai Kapal Karam Terkenal di Dunia

MV Sygna adalah kapal berbendera Norwegia berukuran 53.000 ton. Kapal tersebut kandas saat terjadi badai besar pada 26 Mei 1974. Bangkai kapal ini teronggok di Stockton Beach di New South Wales Australia dan telah menjadi ikon dan tengara untuk daerah setempat.

SS SAPONA
Bangkai Kapal Karam Terkenal di Dunia

SS Sapona adalah kapal kargo beton yang kandas di dekat Pulau Bimini Bahamas di Karibia saat terjadi badai pada 1926. Saat ini bangkai kapal mudah terlihat di atas air, dan merupakan tengara navigasi untuk pelaut dan tempat menyelam paling populer. Selama Perang Dunia II, bangkai kapal digunakan untuk latihan perang oleh A.S. Army Air.
(don)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4362 seconds (0.1#10.140)