Tinjau F-35, Delegasi Militer UEA Dilaporkan Kunjungi Israel

Jum'at, 06 Juli 2018 - 10:46 WIB
Tinjau F-35, Delegasi...
Tinjau F-35, Delegasi Militer UEA Dilaporkan Kunjungi Israel
A A A
TEL AVIV - Delegasi militer Uni Emirat Arab (UEA) dilaporkan telah berkunjung ke Israel untuk mendapatkan tinjauan langsung tentang pesawat jet tempur siluman F-35 pasokan Amerika Serikat (AS).

Kunjungan itu dibocorkan media Israel, i24NEWS, Kamis (5/7/2018), dengan mengutip sumber yang mengetahui kunjungan delegasi militer Uni Emirat Arab. Delegasi AS juga hadir dalam kunjungan itu.

UEA tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel. Namun, kebijakan luar negeri negara Arab itu sejalan dengan Tel Aviv, yakni sama-sama menentang Iran.

Uni Emirat Arab dilaporkan sedang berupaya memperoleh jet tempur siluman F-35. Di wilayah Timur Tengah, Tel Aviv menjadi pihak pertama yang menerima dan telah mengoperasikan jet tempur generasi kelima Amerika tersebut.

Turki sebagai anggota NATO sejatinya juga sudah menerima pesawat canggih buatan Lockheed Martin itu. Namun, dua unit pesawat yang diserahkan ke Turki masih berada di AS untuk latihan pilot-pilot Ankara.

Washington telah mengancam akan memblokir pengiriman pesawat tersebut ke Ankara kecuali pemerintah Presiden Tayyip Erdogan membatalkan kesepakatan pembelian sistem rudal pertahanan S-400 Rusia.

Tel Aviv belum lama ini memamerkan dokumentasi manuver F-35 di atas wilayah udara Lebanon. Tindakan itu membuat Kepala Angkatan Udara Israel Amikam Norkhin dikecam para anggota kabinet Perdana Menteri Benjamin Netanyahu.

Pemerintah maupun militer UEA belum berkomentar atas bocoran laporan kunjungan delegasi itu. Negara-negara Arab selama ini cenderung bungkam ketika delegasi mereka ketahuan berkunjung Israel karena menjaga perasaan Palestina. Namun, para pejabat tinggi Tel Aviv, termasuk PM Netanyahu dan para menterinya kerap blakblakan soal hubungan rahasia Israel dengan negara-negara Arab.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1686 seconds (0.1#10.140)