Polisi Ungkap Penyebab Pasangan Inggris Terkena Racun Novichok

Jum'at, 06 Juli 2018 - 03:34 WIB
Polisi Ungkap Penyebab Pasangan Inggris Terkena Racun Novichok
Polisi Ungkap Penyebab Pasangan Inggris Terkena Racun Novichok
A A A
LONDON - Polisi Inggris telah mengkonfirmas bahwa seorang pria dan wanita dalam kondisi kritis akibat keracunan zat saraf. Mereka terpapar zat mematikan itu setelah menyentuh barang yang telah terkontaminasi.

Temuan ini memperkuat teori jika pasangan Dawn Sturgess dan Charlie Rowley mungkin telah terkena racun Novichok yang digunakan untuk meracuni mantan mata-mata Rusia, Sergei Skripal, dan putrinya Yulia.

"Berdasarkan tes lebih lanjut dari sampel pasien, kita sekarang tahu bahwa mereka terkena zat saraf setelah memegang barang yang terkontaminasi," pernyataan kepolisian Inggris seperti dikutip dari AP, Jumat (6/7/2018).

Detektif kepolisian Metropolitan Inggris telah mengepung beberapa situs di Amesbury dan Salisbury guna mereka mencari sumber kontaminasi.

Pasangan Charlie Rowley (45) dan Dawn Sturgess(44) ditemukan tidak sadarkan diri di sebuah rumah di Amesbury, Wiltshire, pada akhir pekan lalu. Lokasi kejadian terbaru sekitar 10 mil dari tempat Sergei Skripal, mantan mata-mata Rusia yang membelot ke Inggris, bersama putrinya Yulia diracuni.

Menteri Keamanan Inggris, Ben Wallace meminta Rusia untuk memberikan rincian tentang serangan agen saraf Novichok. Namun, Rusia lewat juru bicara Kremlin Dmitry Peskov membantah terlibat dalam serangan racun Novichok tersebut.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6541 seconds (0.1#10.140)