AS Kembali Bombardir Basis Al-Qaeda di Libya

Jum'at, 15 Juni 2018 - 19:54 WIB
AS Kembali Bombardir Basis Al-Qaeda di Libya
AS Kembali Bombardir Basis Al-Qaeda di Libya
A A A
TRIPOLI - Komando Amerika Serikat (AS) di Afrika atau AFRICOM menyatakan mereka kembali melakukan serangan terhadap basis al-Qaida di semenanjung Arab atau AQIM di wilayah Libya. Seragan itu diketahui menewaskan seorang anggota al-Qaeda.

AFRICOM menuturkan, serangan yang terjadi pada hari Rabu tersebut menargetkan sebuah basis AQIM yang berada di sekitar 80 kilometer tenggara kota Bani Walid.

"Dalam koordinasi dengan Pemerintah Libya dari Kesepakatan Nasional, pasukan AS melakukan serangan udara presisi terhadap AQIM, yang menewaskan satu teroris," kata AFRICOM dalam sebuah pernyataan.

"itu adalah serangan AS kedua terhadap AQIM di Libya. Serangan pertama terjadi pada pada 24 Maret, yang menewaskan Musa Abu Dawud, seorang pejabat tinggi AQIM," sambungnya, seperti dilansir Al Arabiya pada Jumat (15/6).

Pada tanggal 6 Juni, AFRICOM mengatakan telah menewaskan empat anggota afiliasi grup ISIS, juga dekat Bani Walid. Bani Walid adalah sebuah kota di tepi padang pasir, yang merupakan titik transit bagi para migran yang ingin mencapai Eropa.

Libya telah dicengkeram oleh kekacauan sejak pemberontakan yang didukung NATO menggulingkan dan menewaskan Moamar Gaddafi pada 2011. Pasca jatuhnya rezim Gaddafi, dua faksi di Libya terlibat perang saudara, untuk memperebutkan siapa yang berhak memimpin negara itu.

Selain itu, beberapa milisi juga bersaing untuk menguasai negara kaya minyak itu. Militan dan pedagang manusia turut memanfaatkan kekacauan untuk mendapatkan pijakan di negara Afrika Utara.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6084 seconds (0.1#10.140)