Korut Serukan Dukungan untuk Perdamaian di Semenanjung Korea

Kamis, 07 Juni 2018 - 02:24 WIB
Korut Serukan Dukungan untuk Perdamaian di Semenanjung Korea
Korut Serukan Dukungan untuk Perdamaian di Semenanjung Korea
A A A
PYONGYANG - Media resmi Korea Utara (Korut) menyerukan kepada masyarakat internasional, khususnya negara-negara yang berbagi tanggung jawab untuk perdamaian di Semenanjung Korea, untuk mendukung upaya pembangunan perdamaian di sana.

Harian resmi Minju Joson mengatakan bahwa upacara pembongkaran uji coba nuklir Korut yang diadakan oleh Institut Senjata Nuklir Korea pada 24 Mei lalu adalah saksi dari praktek, bukan kata-kata, upaya keras Korut guna bergabung dengan upaya internasional untuk secara total melarang uji coba nuklir.

"Dari awal tahun, DPRK memperjelas keinginannya untuk membela perdamaian di Semenanjung Korea dan memberikan kontribusi aktif untuk perdamaian dan keamanan dunia, mengambil langkah atas inisiatifnya sendiri dan dengan demikian membuat suasana detente menyelimuti Semenanjung Korea," tulis harian itu menggunakan akronim nama resmi Korut, Republik Demokratik Rakyat Korea seperti dikutip dari Xinhua, Kamis (7/6/2018).

Memanggil upaya-upaya Korut tahun ini untuk bekerja demi pencapaian besar perdamaian, harian itu mengatakan perputaran dramatis situasi telah dibawa ke Semenanjung Korea yang telah dilecehkan oleh konfrontasi terus-menerus dan meningkatnya ketegangan selama beberapa dekade.

"Pada titik ini, ini adalah masalah penting untuk membangun perdamaian yang tahan lama berdasarkan pencapaian seperti itu," tulis harian itu.

Korut membongkar tempat uji coba nuklir Punggye-ri bulan lalu untuk menunjukkan keinginannya untuk secara bertahap melakukan denuklirisasi di semenanjung itu.

Sementara itu pemimpin tinggi Korut, Kim Jong-un dan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dijadwalkan bertemu pada 12 Juni di Singapura. Ini adalah pertemuan bilateral pertama yang diadakan sejak akhir Perang Korea 1950-53.

"Situasi saat ini sangat mendesak negara-negara yang bertanggung jawab atas perdamaian dan stabilitas di Semenanjung Korea untuk mengambil langkah-langkah praktis untuk perdamaian di semenanjung dari mempertahankan dan sikap yang bertanggung jawab dan serius," kata harian itu.

"Tidak berubah adalah sikap DPRK untuk memastikan perdamaian dan stabilitas di Semenanjung Korea dan memberikan kontribusi aktif untuk perdamaian dan stabilitas dunia," tulis media itu mengakhiri.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5915 seconds (0.1#10.140)