Mesin Mogok, Pilot Wanita Daratkan Pesawat di Jalan Raya

Selasa, 05 Juni 2018 - 12:10 WIB
Mesin Mogok, Pilot Wanita Daratkan Pesawat di Jalan Raya
Mesin Mogok, Pilot Wanita Daratkan Pesawat di Jalan Raya
A A A
HUNTINGTON BEACH - Sebuah pesawat ringan atau pesawat capung terpaksa menukik dan mendarat di jalan raya yang padat kendaraan di Huntington Beach, California, Amerika Serikat, setelah mengalami kerusakan di bagian mesin. Sang pilot yang berjenis kelamin perempuan melakukan pendaratan darurat karena mengetahui pesawat tak mungkin lagi mendarat di bandara.

Hebatnya, dengan perlahan, pesawat Cessna 172 tersebut akhirnya berhasil menyentuh aspal jalan tanpa menabrak satu pun kendaraan atau bangunan. Lokasi pendaratan ini berjarak sekitar 8 kilometer dari bandara. Sang pilot pun mendapatkan banyak pujian masyarakat dan media karena bisa mengantisipasi adanya korban jiwa.

Pesawat ini awalnya dijadwalkan mendarat di Bandara John Wayne di Santa Ana. Namun, beberapa menit jelang pendaratan, mesinnya tiba-tiba mengalami gangguan. Pilot perempuan yang juga menjadi satu-satunya penumpang di dalam pesawat itu memilih mengurangi ketinggian dan melakukan pendaratan di jalan raya yang dianggapnya aman dan luas.

Saat mengudara, sang pilot memberi tahu pemandu lalu lintas udara telah mengalami permasalahan mesin sebelum melakukan pendaratan darurat. Warga lokal mengaku terkejut. "Ya Tuhan! Ada pesawat di jalan raya. Ini mustahil terjadi," ujar Vivien Murphy. "Saya melihat sang pilot tetap kalem," tambah Patrick Simes.

Dari rekaman video di portal berita nbclosnageles.com, pesawat itu tampak menapakkan kakinya di bagian kanan jalan raya. Pesawat Cessna itu berpapasan dengan beberapa mobil dari arah berlawanan sebelum berhenti sempurna.

Tanpa ada truk atau bus, semua mobil itu mengolongi sayap pesawat tersebut. Otoritas terkait mengetahui laporan pesawat tersebut mendarat di wilayah Hamilton Avenue dan Newland Street sebelum pukul 17.00 pada Jumat (1/6/2018) waktu lokal. Kendati mengalami permasalahan teknis, pesawat itu berhasil mendarat dengan selamat. Tidak ada korban jiwa atau kerusakan dalam kejadian tersebut.

"Pejabat penerbangan juga menyaksikan pesawat itu tidak mengalami kerusakan akibat pendaratan darurat," ujar petugas Polisi Huntington Beach, Angela Bennett. Sang pilot juga berhasil menjaga properti dan fasilitas umum masyarakat Huntington Beach. Dia berupaya agar tidak menabrak kabel, tiang, dan lainnya.

Pesawat itu terdaftar milik JG Capital Holding. Atas keselamatan itu, sang pilot mendapatkan pujian dari media dan masyarakat AS. Sejauh ini, nama pilot pesawat itu tidak diungkapkan kepada publik. Berdasarkan laporan media lokal, sang pilot merupakan murid sekolah penerbangan Orange County Flight Center. "Bagi saya, bisa melakukan pendaratan darurat di jalan raya tanpa menimbulkan kerusakan merupakan sebuah keajaiban," kata Steven Castelblanco.

"Saya yakin sang pilot berupaya tetap fokus dan tidak panik agar pesawat tidak menabrak mobil, rumah, dan berbagai fasilitas umum di area itu yang terkenal sibuk," tambahnya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3658 seconds (0.1#10.140)