Singapura Konfirmasi Lokasi Pertemuan Trump-Kim Jong-un

Jum'at, 11 Mei 2018 - 05:51 WIB
Singapura Konfirmasi Lokasi Pertemuan Trump-Kim Jong-un
Singapura Konfirmasi Lokasi Pertemuan Trump-Kim Jong-un
A A A
SINGAPURA - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengumumkan Singapura sebagai lokasi pertemuan dengan Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un. Pertemuan tersebut dijadwalkan akan berlangsung pada 12 Juni mendatang.

Terkait hal tersebut, Menteri Luar Negeri Singapura telah mengkonfirmas hal tersebut. "Singapura sangat senang menjadi tuan rumah pertemuan antara kedua pemimpin pada 12 Juni," kata Kementerian Luar Negeri Singapura dalam sebuah pernyataan.

"Kami berharap pertemuan ini akan memajukan prospek perdamaian di Semenanjung Korea," imbuh pernyataan itu seperti disitir dari Xinhua, Jumat (11/5/2018).

Sebelumnya, Trump lewat akun Twitternya mengatakan bahwa pertemuan yang sangat dinanti antara Kim Jong-un dan dirinya akan berlangsung di Singapura pada 12 Juni.

"Kami berdua akan mencoba menjadikannya momen yang sangat istimewa untuk Perdamaian Dunia!" katanya.

Ini akan menjadi pertemuan puncak pertama antara para pemimpin kedua negara. Pada pertemuan bersejarah itu, Trump akan mencoba membujuk Pyongyang untuk mengakhiri proyek senjata nuklirnya.

Sebelumnya kedua pemimpin beda usia itu terlibat perang kata-kata atas upaya Korut membangun senjata nuklir yang bisa mencapai AS yang memicu ketegangan global.

Singapura dipilih sebagai tuan rumah pertemuan karena merupakan tempat bersahabat bagi Trump. Negara kepulauan itu adalah sekutu AS yang kuat dan Angkatan Laut AS sering mengunjungi pelabuhannya.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5366 seconds (0.1#10.140)