Penyerangan Markas Polisi dan Militer Oleh Teroris di Seluruh Dunia

Kamis, 10 Mei 2018 - 06:19 WIB
Penyerangan Markas Polisi dan Militer Oleh Teroris di Seluruh Dunia
Penyerangan Markas Polisi dan Militer Oleh Teroris di Seluruh Dunia
A A A
JAKARTA - Kericuhan yang berujung pada bentrokan berdarah antara napi teroris dengan anggota Densus 88 di Rumah Tahanan (Rutan) Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, menyita perhatian khalayak. Sedikitnya 5 anggota kepolisian gugur dan satu napi teroris tewas dalam bentrokan tersebut. Selain itu, para napi juga masih menyandera satu anggota polisi.

Apa yang terjadi di Rutan Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, adalah sebuah bentuk serangan terhadap markas milik institusi penegak hukum dalam hal ini kepolisian. Kejadian serupa juga terjadi di belahan dunia lain, meski dalam satu dan lain hal mempunyai perbedaan. Berikut daftar sejumlah serangan terhadap markas polisi dan militer oleh teroris di seluruh dunia

3 April 2018: Kelompok militan Boko Haram menyerang sebuah pangkalan militer dan desa-desa di sekitar kota Maiduguri, Nigeria, menewaskan 20 orang dan melukai puluhan orang lainnya.

2 April 2018: Gerilyawan al-Shabaab terlibat baku tembak dengan pasukan Uni Afrika (UA) selama berjam-jam setelah meledakkan sebuah bom mobil di luar pangkalan pasukan gabungan Afrika.

2 Maret 2018: Delapan militan bersenjata meluncurkan serangan ke lokasi-lokasi penting di seluruh Ouagadougou, ibu kota Burkina Faso. Target serangan itu termasuk kedutaan Prancis dan markas militer Burkina Faso. Sebanyak 30 orang tewas dan 85 terluka.

27 Januari 2018: Militan al-Qaeda melancarkan serangan bersenjata terhadap pangkalan militer Mali, mengakibatkan sedikitnya 14 tentara tewas dan 18 lainnya luka-luka.

29 Januari 2018: Sejumlah pria bersenjata menyerang satu pos terdepan militer di dekat salah satu akademi militer utama Afghanistan. Sedikitnya 11 tentara tewas dan 16 lainnya terluka dalam penyerangan itu.

28 Januari 2018: Sekitar 30 pejuang bersenjata berat menyerang kamp militer di Soumpi, yang terletak di pusat negara di dekat perbatasan selatan wilayah Timbuktu, Mali. Setidaknya 14 tentara tewas dan 15 lainnya luka-luka dan 17 dari penyerang telah tewas dalam pertempuran tersebut.

22 April 2017: Markas militer Afghanistan diserbu kelompok Taliban. Sebanyak 140 tentara meregang nyawa akibat serangan tersebut.

22 Oktober 2017: Sekelompok orang bersenjata di atas truk pick up dan sepeda motor datang dari Mali menyerang sebuah pangkalan polisi di Niger barat. Serangan tersebut menewaskan 13 polisi dan melukai lima lainnya.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3580 seconds (0.1#10.140)