India Khawatir Warna Taj Mahal Berubah

Rabu, 02 Mei 2018 - 14:46 WIB
India Khawatir Warna Taj Mahal Berubah
India Khawatir Warna Taj Mahal Berubah
A A A
NEW DELHI - Mahkamah Agung India telah menginstruksikan pemerintah untuk mencari bantuan asing untuk memperbaiki Tah Mahal. Salah satu dari tujuh keajaiban dunia itu mengalami perubahan warna yang memicu kekhawatiran.

"Bahkan jika Anda memiliki keahlian, Anda tidak menggunakannya. Atau mungkin Anda tidak peduli," kata hakim pengadilan seperti dikutip dari BBC, Rabu (2/5/2018).

Pengadilan mengatakan istana terkenal itu, yang dibangun pada abad ke-17 dari marmer putih, telah berubah menjadi kuning dan sekarang berubah menjadi coklat serta hijau. Pencemaran, konstruksi dan kotoran serangga dikatakan menjadi salah satu penyebabnya.

Hakim Madan Lokur dan Deepak Gupta memeriksa foto-foto istana yang diajukan oleh pencinta lingkungan dan memerintahkan pemerintah India untuk mencari ahli dari dalam India dan luar negeri.

Pemerintah sebelumnya telah menutup ribuan pabrik dekat Taj Mahal, tetapi para aktivis mengatakan monumen yang berada di Agra itu masih kehilangan kemilaunya.

Limbah di Sungai Yamuna yang berada di samping istana telah menarik serangga. Serangga-serangga ini kemudian mengeluarkan kotoran di dinding istana, mengotorinya.

Taj Mahal dibangun oleh Kaisar Mughal Shah Jahan di kota Agra dan sekarang menjadi salah satu tempat wisata terkemuka di dunia. Istana ini menarik sebanyak 70.000 orang wisatawan setiap harinya.

Masalah kotoran bukan masalah baru. Beberapa kali selama dua dekade terakhir atau lebih dari itu marmer putih istana telah dilapisi lumpur sebagai upaya untuk membersihkannya. Namun ada kekhawatiran masalah ini memburuk.

Pemakaian lumpur terakhir dimulai pada bulan Januari. Para pekerja membersihkan kerak pada rangka, hingga memplester permukaannya dengan Fuller's earth, sebuah pasta lumpur yang menyerap kotoran, lemak, dan kotoran hewan.

Bayangkan sebuah topeng wajah raksasa, tapi ini adalah sebuah kubah istana.

Lumpur tersebut kemudian dibersihkan, mengangkat kotoran hewan dengan masker tersebut. Operasi pembersihan saat ini diperkirakan akan berlangsung hingga akhir tahun ini.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3253 seconds (0.1#10.140)