Inggris: Rusia Malaikat Pelindung Assad Bikin DK PBB Tak Berdaya

Jum'at, 20 April 2018 - 01:21 WIB
Inggris: Rusia Malaikat Pelindung Assad Bikin DK PBB Tak Berdaya
Inggris: Rusia Malaikat Pelindung Assad Bikin DK PBB Tak Berdaya
A A A
JAKARTA - Pemerintah Inggris menyindir Rusia sebagai malaikat pelindung rezim Presiden Suriah Bashar al-Assad yang serampangan menggunakan senjata kimia. Menurut London, perlindungan Moskow membuat Dewan Keamanan (DK) PBB menjadi tak berdaya.

Selama ini, Moskow selalu memveto rancangan resolusi yang diajukan ke DK PBB untuk menindak rezim Damaskus.

Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Moazzam Malik, mengatakan bahwa ada konvensi internasional yang menjadi kompas bagi dunia internasional soal penggunaan senjata kimia. Namun, kata dia, konvensi ini sedang berada di bawah tekanan akibat tindakan Presiden Assad yang secara serampangan menggunakan senjata kimia.

Sayangnya, lanjut Moazzam, DK PBB tak berdaya melihat tindakan rezim Assad lantaran dibela Rusia. Cara diplomasi melalui DK PBB yang sudah buntu inilah yang membuat Inggris, Prancis dan Amerika Serikat (AS) memutuskan untuk meluncurkan serangan ratusan rudal terhadap rezim Suriah pada Sabtu pekan lalu.

"Apakah kita ingin norma internasional ini terkikis dan penggunaan senjata kimia bisa menyebar luas atau kita ingin menegakan konvensi senjata kimia yang sangat penting ini," kata Dubes Moazzam pada Kamis (19/4/2018).

Diplomat Inggris ini juga menyinggung posisi Indonesia yang akan menjadi anggota Organisasi Pelarangan Senjata Kimia atau OPCW pada Mei 2018 mendatang. Dia menyampaikan apresiasi atas pernyataan yang dibuat Indonesia terkait Suriah.

Meski demikian, Moazzam meminta Indonesia untuk berbuat lebih banyak."Kami mengundang Indonesia dan pihak berwenang Indonesia untuk bertindak lebih jauh dengan menghukum pemerintah Assad yang telah melanggar konvensi ini saat menggunakan senjata kimia kepada rakyatnya sendiri," ujarnya.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4915 seconds (0.1#10.140)