Rusia Siap Pamerkan Su-57 hingga Terminator dalam Parade Militer

Minggu, 08 April 2018 - 03:54 WIB
Rusia Siap Pamerkan Su-57 hingga Terminator dalam Parade Militer
Rusia Siap Pamerkan Su-57 hingga Terminator dalam Parade Militer
A A A
MOSKOW - Parade militer Rusia akan digelar di Red Square pada 28 Maret 2018. Moskow menjanjikan pemandangan yang belum pernah terjadi sebelumnya dengan memamerkan persenjataan termutakhir mulai dari jet tempur Su-57 hingga kendaraan tempur lapis baja BMPT Terminator.

Para demiliter tahun ini didedikasikan untuk memperingati 72 tahun kemenangan negara itu dalam Perang Patriotik Besar.

Lebih dari 10.000 tentara, lebih dari 120 kendaraan dan lebih dari 70 pesawat, termasuk lebih dari setengah lusin peralatan tempur yang belum pernah terlihat sebelumnya telah disiapkan untuk tampil di Red Square.

Panglima Angkatan Darat Rusia Kolonel Jenderal Oleg Salyukov membocorkan peralatan tempur canggih yang akan dipamerkan tersebut dalam sebuah wawancara dengan Krasnaya Zvezda, surat kabar resmi kementerian pertahanan setempat, yang dikutip Minggu (8/4/2018).

Menurutnya, kendaraan lapis baja BMPT Terminator, sistem rudal surface-to-air Tor-M2, kendaraan Typhoon-K MRAP, skema mobilitas infanteri kendaraan Garda Nasional GAZ Tigr, truk Ural-432009 6x6, dan kendaraan MRAP Patrul juga akan ditampilkan.

Peralatan militer lainnya yang disiapkan antara lain kendaraan lapis baja pengangkut personel militer Rakushka, kendaraan tempur infanteri BMP-3, Msta-S self-propelled howitzer, sistem rudal anti-pesawat Buk-M2, Pantsir-S1, sistem rudal taktis Iskander-M, dan sistem rudal balistik antar benua mobile, tank armata, Boomerang dan Kurganets IFVs dan lain-lain.

Khusus untuk pesawat tempur yang akan ditampilkan jumlahnya mencapai lebih dari 70 unit, termasuk sepasang jet tempur siluman generasi kelima Su-57. Momen itu akan menjadi penampilan kedua jet tempur Su-57 setelah beberapa waktu lalu terlihat bermanuver di wilayah udara Suriah.

Parade militer tak hanya digelar 28 Maret, tapi juga pada April dan Mei. Rusia dan republik lain dari bekas Uni Soviet bisanya merayakan Hari Kemenangan (Victory Day) pada 9 Mei untuk menandai kemenangan Sekutu atas Nazi Jerman pada 9 Mei 1945.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5055 seconds (0.1#10.140)