Asal Usul Novichok, Giliran Republik Ceko Bantah Tudingan Rusia

Minggu, 18 Maret 2018 - 03:22 WIB
Asal Usul Novichok, Giliran Republik Ceko Bantah Tudingan Rusia
Asal Usul Novichok, Giliran Republik Ceko Bantah Tudingan Rusia
A A A
PRAHA - Republik Ceko membantah tuduhan Moskow bahwa racun saraf yang digunakan terhadap mantan agen ganda Rusia dan putrinya di Inggria berasal dari negara itu. Bantahan itu dikatakan langsung oleh Menteri Luar Negeri Republik Ceko Martin Stropnicky.

"Kami keberatan dengan klaim tentang asal usul racun ini, yang tidak bisa dibuktikan," kata Stropnicky di akun Twitter resminya.

"Ini adalah cara standar untuk memanipulasi informasi di ruang publik melalui pesan yang sangat spekulatif yang diperkenalkan tanpa bisa dibuktikan," imbuhnya seperti dikutip dari Reuters, Minggu (18/3/2018).

Bantahan juga dilontarkan Menteri Pertahanan Republik Ceko Karla Slechtova. Melalui akun Twitternya, Slechtova menyebut tuduhan zat saraf Novichok berasal dari Republik Ceko tidak masuk akal.

Sebelumnya, juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova mengatakan bahwa sumber zat saraf Novichok yang paling mungkin adalah Inggris sendiri atau Republik Ceko, Slowakia, Swedia atau Amerika Serikat.

Baca Juga: Rusia Balas Tuding Inggris Pembuat Zat Saraf Novichok

Terkait tudingan ini, Swedia telah membantahnya dengan tegas. Menteri Luar Negeri Swedia Margot Wallstrom menyebut tudingan tersebut tidak dapat diterima dan tidak berdasar.

Baca Juga: Swedia Bantah Kembangkan Zat Saraf Novichok
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7982 seconds (0.1#10.140)
pixels