Satelit Israel Tunjukkan Pangkalan Militer Iran di Suriah

Kamis, 01 Maret 2018 - 16:27 WIB
Satelit Israel Tunjukkan Pangkalan Militer Iran di Suriah
Satelit Israel Tunjukkan Pangkalan Militer Iran di Suriah
A A A
TEL AVIV - Gambar satelit Israel menunjukkan sebuah pangkalan militer permanen yang dibangun Iran di Damaskus, Suriah. Pangkalan itu dilengkapi hangar untuk menyimpan rudal jarak pendek dan jarak menengah.

Gambar satelit dari ImageSat International (ISI) itu telah dipublikasikan Fox News. Dua hangar putih masing-masing panjang sekitar 30 meter dan lebar 20 meter.

Menurut laporan tersebut media Amerika Serikat itu, pangkalan militer yang terpantau satelit dioperasikan oleh Pasukan Quds, sebuah faksi Korps Garda Revolusi Iran yang beroperasi di Suriah.

Pangkalan Iran serupa di Suriah pernah dihancurkan oleh serangan militer Israel pada bulan Desember.

AS Punya 20 Pangkalan

Sementara itu seorang pejabat keamanan Rusia, Alexander Venediktov, mengatakan pada hari Kamis (1/3/2018) bahwa AS telah membangun sekitar 20 pangkalan militer di Suriah di wilayah yang dikuasai oleh milisi Kurdi.

Venediktov yang merupakan ajudan Sekretaris Dewan Keamanan Nikolai Patrushev, juga mengatakan bahwa Washington memasok senjata paling canggih kepada milisi Kurdi.

Tuduhan ini muncul di saat Moskow mendapat tekanan sejumlah pihak karena terus-menerus mendukung rezim Suriah dalam melancarkan serangan di Ghouta Timur. Serangan itu dilaporkan telah membunuh ratusan warga sipil, termasuk wanita dan anak-anak.

Selain Rusia dan Suriah, Iran juga dituding terlibat serangan di Ghouta Timur. Duta Besar AS untuk Masalah Ekonomi dan Sosial di DK PBB, Kelley Currie, mengecam tiga sekutu tersebut.

”Rusia, Iran dan rezim Assad bahkan tidak berusaha menyembunyikan niat mereka," kata Currie kepada DK PBB.

“Mereka meminta warga sipil meninggalkan Ghouta bagian timur dengan alasan palsu bahwa mereka kemudian dapat menyerang siapa saja yang tinggal di daerah itu sebanyak yang mereka mau,” ujarnya.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6149 seconds (0.1#10.140)