India Tes Tembak Rudal Berkemampuan Nuklir dari Kapal Perang

Sabtu, 24 Februari 2018 - 02:19 WIB
India Tes Tembak Rudal Berkemampuan Nuklir dari Kapal Perang
India Tes Tembak Rudal Berkemampuan Nuklir dari Kapal Perang
A A A
NEW DELHI - Militer India berhasil menguji tembak peluru kendali (rudal) balistik berkemampuan nuklir, Dhanush, dari sebuah kapal perang pada hari Jumat. Ini merupakan tes tembak yang ketiga kalinya dalam sebulan untuk rudal Dhanush.

Rudal balistik surface-to-surface itu diuji tembak dari kapal perang di Teluk Benggala. Uji coba berlangsung sekitar pukul 10.52 waktu setempat oleh Komando Pasukan Strategis (SFC) Angkatan Laut dari lokasi yang dirahasiakan di sebuah area yang berjarak hampir 45 km dari pantai Paradip.

Rudal Dhanush memiliki kemampuan untuk membawa hulu ledak konvensional maupun nuklir ke sasaran yang berbasis laut dan darat. Senjata tersebut mampu menghantam target pada jarak hingga 350 kilometer.

Rudal Dhanush adalah rudal balistik jarak pendek dan merupakan varian dari rudal Prithvi.

”Ini adalah peluncuran textbook dan misi yang fantastis tercapai. Rudal tersebut telah mencapai hampir nol probabilitas kesalahan,” kata seorang pejabat pertahanan India yang tidak ingin disebutkan namanya kepada Sputnik, yang dilansir Sabtu (24/2/2018).

Rudal yang diuji tembak berukuran panjang sekitar 8,53 meter dan berdiameter 0,9 meter. Berat saat peluncurannya sekitar 4,4 metrik ton. Senjata ini telah masuk layanan tempur angkatan bersenjata India dan telah diproduksi setelah menyelesaikan beberapa pengembangan dan uji coba.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5560 seconds (0.1#10.140)