Menguasai Jaringan Politik, Meminta Loyalitas Ekstrem

Senin, 29 Januari 2018 - 08:07 WIB
Menguasai Jaringan Politik,...
Menguasai Jaringan Politik, Meminta Loyalitas Ekstrem
A A A
ROMA - Polisi Italia melaksanakan operasi besar-besaran antimafia dengan menangkap puluhan tersangka di Naples, Roma, dan Angrigento di Sicilia. Mafia Italia dikenal terlibat dalam berbagai kejahatan mulai dari perdagangan narkoba, perdagangan senjata, prostitusi, hingga penyuapan para politisi.

Salah satu mafia Italia yang terkenal adalah Cosa Nostra dari Sicilia. Mereka berkembang sejak 1800 dan terus berkuasa serta menyebar kekuasaan secara global.
Cosa Nostra merupakan mafia berdasarkan klan keluarga. Mereka dikenal dengan “omerta”, yakni kode untuk meminta loyalitas ekstrem. Mereka bisa saja menyiksa hingga meninggal anggota keluarga mereka.

Cosa Nostra juga beroperasi di Amerika Serikat (AS). Mereka memiliki jaringan kuat di Chicago, New York, dan kota lainnya. Pada 1920-an, mereka juga memiliki kekuatan untuk mengontrol peredaran alkohol. Badan Penyidikan Federal (FBI) menyatakan Cosa Nostra masih mengendalikan bisnis heroin di AS. Bahkan, Cosa Nostra juga masuk ke politik di Italia, tapi juga di AS.

“Cosa Nostra dan tiga mafia Italia lainnya, yakni Camorra, Ndrangheta, dan Sacra Corona Unita memiliki 25.000 anggota dan 250.000 afiliasinya di seluruh dunia,” demikian keterangan FBI dilansir BBC.

Kemudian mafia Italia lain yang terkenal adalah Camorra di Naples. Mereka terdiri atas 4.500 orang anggota klan Camoora di Naples, sebuah kota pelabuhan. Bisnis perdagangan mereka adalah narkoba dan kerap terlibat dalam kekejaman brutal. Mereka kerap mendapatkan uang dari bisnis konstruksi, pembuangan sampah, dan bisnis garmen.

Kekejaman Camorra pernah didokumentasikan oleh reporter Italia Roberto Saviano yang menulis buku tentang mafia dan langsung laris manis di pasaran. Sayangnya, hidup Saviano tidak tenang dan harus mendapatkan pengawalan polisi karena dia diancam dibunuh oleh Camorra. “Camorra tidak terlalu terlibat politik dibandingkan Cosa Nostra,” ujar Saviano dilansir PBS. (Andika Hendra)
(nfl)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9246 seconds (0.1#10.140)