Aksi Kekerasan Melonjak, Jamaika Umumkan Keadaan Darurat

Sabtu, 20 Januari 2018 - 00:45 WIB
Aksi Kekerasan Melonjak, Jamaika Umumkan Keadaan Darurat
Aksi Kekerasan Melonjak, Jamaika Umumkan Keadaan Darurat
A A A
KINGSTON - Pemerintah Jamaika mengumumkan keadaan darurat menyusl meningkatnya pembunuhan dan kejahatan kekerasan. Wisatawan di bagian barat laut pulau ini telah diberi peringatan untuk tidak meninggalkan resor mereka dan didesak untuk berhati-hati.

Pihak berwenang menyatakan keadaan darurat di St James, yang mencakup kota wisata populer Montego Bay, didorong oleh meningkatnya aksi pembunuhan yang oleh para pejabat ditimpakan pada geng dan penipuan lotre.

Seperti dikutip dari Metro, Sabtu (20/1/2018), ada enam pembunuhan rata-rata seminggu di St James tahun lalu sementara Jamaika melipatgandakan jumlah pembunuhan seperti Inggris setiap tahunnya.

Polisi mengatakan bahwa pusat bisnis dan area rekreasi berada di bawah jam malam sementara dan keadaan darurat memungkinkan mereka untuk melakukan penggeledahan tanpa surat perintah penangkapan.

Pihak berwenang juga memberlakukan jam malam di beberapa bagian paroki St. Catherine yang terletak di sebelah barat ibukota Kingston.

Polisi mengatakan bahwa mereka melakukan pendekatan tanpa toleransi terhadap kejahatan sementara sebuah operasi militer besar sedang berlangsung di beberapa bagian St James.

Kementerian Luar Negeri mengatakan bahwa wisatawan harus mengikuti saran lokal dan berhati-hati jika bepergian di malam hari.

"Perjalanan ke dan dari bandara atau untuk kunjungan harus dilakukan dengan operator tur yang teratur, dan transportasi harus diatur atau disediakan oleh hotel resor," kata Kementerian Luar Negeri Jamaika.

Wisatawan didesak untuk menghindari semua demonstrasi karena mereka memiliki potensi untuk berubah menjadi kekerasan dan sering digunakan oleh penjahat sebagai kedok untuk perampokan dan pencurian.

"Kejahatan dan kekerasan khususnya pembunuhan telah meningkat di paroki St. James. Saya telah diberi tahu oleh aparat keamanan secara tertulis bahwa tingkat pengalaman aktivitas kriminal berlanjut dan terancam, bersifat sedemikian dan dalam skala begitu luas sehingga membahayakan keselamatan publik," kata Perdana Menteri Andrew Holness.

Tahun lalu, 335 pembunuhan dicatat di St. James, dua kali jumlah paroki lainnya.

"Setiap informasi yang Anda miliki, kami membutuhkannya," ujar Menteri keamanan Robert Montaque.

"Kami membutuhkan kerja sama penuh Anda dalam melangkah maju dalam memulihkan kedamaian dan ketertiban sehingga orang-orang baik dapat terus berkontribusi terhadap kesejahteraan Jamaika," tukasnya.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6249 seconds (0.1#10.140)