Arab Saudi Bebaskan Miliarder Palestina Sabih al-Masri

Senin, 18 Desember 2017 - 09:16 WIB
Arab Saudi Bebaskan Miliarder Palestina Sabih al-Masri
Arab Saudi Bebaskan Miliarder Palestina Sabih al-Masri
A A A
RIYADH - Otoritas Arab Saudi membebaskan pengusaha yang juga miliarder Palestina Sabih al-Masri, 80, setelah ditahan pada pekan lalu. Selama ditahan, dia diinterogasi terkait informasi dugaan korupsi.

Al-Masri adalah pendiri Zara Investment Holding dan ketua Arab Bank. Kepada Reuters yang dilansir Senin (18/12/2017), al-Masri mengaku diperlakukan dengan hormat oleh orang-orang Saudi selama ditahan.

Dia akan kembali ke Ibu Kota Yordania, Amman, pada akhir pekan ini untuk pertemuan bisnis. Saat ini, miliarder Palestina ini berada di rumahnya di Riyadh.

Tidak ada tuntutan resmi terhadap al-Masri. Miliarder asal Palestina ini juga memiliki kewarganegaraan Saudi dan Yordania.

Baca Juga: Miliarder Palestina Sabih al-Masri Ditahan di Arab Saudi

Dia merupakan sepupu dari miliarder Munib al-Masri, orang terkaya di Palestina. Dia juga mendirikan Palestine Securities Exchange dan telah mengelola perusahaan investasi dan institusi ekonomi keuangan di Timur Tengah dan sekitarnya.

Penahanan al-Masri mengirim “gelombang kejut” di kawasan Yordania karena investasi jutaan dolar al-Masri merupakan tonggak ekonomi di Yordania dan sekitarnya.

Penahanannya terjadi di tengah pembersihan anti-korupsi yang diprakarsai Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman pada awal November lalu. Lebih dari 200 orang termasuk belasan pangeran, menteri, mantan menteri, pejabat dan pengusaha ditahan dalam pembersihan anti-korupsi.

Namun, sebagian besar dari mereka telah dibebaskan setelah menyetujui kesepakatan penyelesaian di luar hukum atau tanpa proses pengadilan. Dalam kesepakatan itu, mereka bebas setelah setuju menyerahkan aset berupa uang tunai maupun saham perusahaan.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7852 seconds (0.1#10.140)